freightsight
Jumat, 26 April 2024

PELABUHAN

Akibat Akses Bantuan Turki Masih Ketat, Maersk Resmi Membatalkan Tagihan

14 Februari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via maersk

Maersk mengumumkan bahwa membatalkan biaya penahanan dan penundaan, perubahan tujuan dan pembatalan untuk kargo Turki di pelabuhan-pelabuhan terkena gempa.

Direktorat Jenderal Maritim menyarankan kapal-kapal untuk berlabuh di Pelabuhan Limak, Iskenderun, harus menuju pelabuhan lain.

Maersk sebelumnya telah mengumumkan bahwa mereka juga akan segera membatalkan biaya penahanan dan penundaan (D&D), perubahan tujuan (COD) dan pembatalan untuk kargo Turki yang ada di pelabuhan-pelabuhan di sekitar wilayah yang sudah terkena dampak gempa.

Biaya di sini pun juga akan ditangguhkan untuk kargo yang telah masuk dan keluar dari Mersin dan Iskenderun hingga tanggal 23 Februari, ungkap maskapai Denmark tersebut pada hari ini.

Perusahaan asuransi Group Club North di sini pun juga telah mengeluarkan laporan terbaru terkait situasi di Turki dan Suriah, melaporkan adanya gangguan yang terus berlanjut di terminal-terminal di Turki bagian selatan.

Dikatakan bahwa pelabuhan Iskenderun tetap akan ditutup dan menambahkan bahwa: "Masih ada kesulitan untuk mendapatkan informasi rinci dari orang-orang di lapangan, karena dampak logistik dari gempa bumi pada infrastruktur."

Namun, Direktorat Jenderal Maritim di sini telah menyarankan supaya kapal-kapal yang menunggu untuk berlabuh di Pelabuhan Limak, Iskenderun, harus menuju pelabuhan lain.

"Otoritas Maritim Turki mengatakan pada hari Jumat bahwa lebih dari 1.000 kontainer yang terbakar "sedang dipisahkan", dan bahwa "rehabilitasi pelabuhan akan dimulai dengan cepat".

Konsultan klaim WK Webster mengatakan bahwa foto-foto dari luasnya kebakaran mengindikasikan bahwa banyak sekali kontainer yang terbakar, tetapi menambahkan bahwa: "Kargo yang disimpan di kontainer lain di sekitar lokasi kebakaran kemungkinan besar akan mengalami kerusakan akibat panas, asap, dan air".

Sebagian besar terminal curah dan curah cair di pelabuhan telah dibuka kembali pada hari Jumat, tetapi jalur pipa minyak dari Laut Kaspia ke Ceyhan masih juga ditutup.

MSC melaporkan pada hari Jumat: "Infrastruktur pedalaman di daerah tersebut, termasuk jalan dan rel kereta api telah terpengaruh, lalu lintas jalan raya padat dan jalur kereta api ke Kayseri dan Konya ditutup."