freightsight
Rabu, 17 April 2024

EKSPOR

Tekanan pada Operator Mendorong Pasar Kargo Lebih Ketat untuk Ekspor Tiongkok

6 Februari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via pexels

Pasar kargo paralel muncul ekspor dari Tiongkok menekan harga spot peti kemas terendah.

Indeks pasar spot peti kemas tampaknya menghentikan penurunan.

Pasar kargo paralel muncul untuk ekspor dari Tiongkok menekan harga spot peti kemas terendah. Operator laut Asia-Eropa Utara secara proaktif mengutip pengirim volume kecil dan menengah dengan tarif FAK 'khusus' di bawah $ 1.000 per 40 kaki dari Cina ke Inggris, karena berebut mengisi kapal di pasar suram setelah liburan Tahun Baru Imlek.

The Loadstar melihat penawaran melalui email minggu ini dari operator besar seharga $998 per 40ft dari berbagai pelabuhan di China ke pelabuhan Felixstowe di Inggris yang berlaku hingga 14 Februari.

Bukan hanya itu, The Loadstar menerima penawaran komitmen tanpa volume dari agen ekspedisi berbasis di Cina hingga $1.400 per 40 kaki dari Shanghai dan Ningbo ke Felixstowe dan $1.450 untuk Hamburg dan Rotterdam berlaku hingga pertengahan bulan.

Perusahaan ekspedisi mengklaim harga tersebut berlaku bagi semua operator utama Asia-Eropa Utara dan mereka bisa menawarkan pengiriman yang cepat.

Kontak NVOCC berbasis di Inggris mengatakan kepada The Loadstar perusahaan ekspedisi kemungkinan besar menikmati "markup yang besar" pada tarif tersebut, sehingga tarif dasar dengan operator akan "mungkin sekitar $1.000".

Dia menambahkan, "Dengan cara yang terjadi, mereka bahkan mungkin mencapai tarif yang lebih rendah dari itu dalam waktu dekat, karena para operator sudah putus asa."

Namun demikian, indeks pasar spot peti kemas tampaknya menghentikan penurunannya, misalnya, komponen XSI Eropa Utara Xeneta hampir tidak berubah minggu ini, pada $1.787 per 40 kaki.

"Indeks-indeks ini hanya seakurat informasi yang diberikan, dan beberapa data ini jelas ditahan," kata kontak NVOCC. "Dan jangan lupa juga, bahwa indikator kurs spot adalah rata-rata dan oleh karena itu tidak selalu mencerminkan harga terendah."

Sementara itu, di trans pasifik, pembacaan WCI Asia ke pantai barat AS dari Drewry turun 1% pada minggu ini, menjadi $2.056 per 40 kaki, sedangkan XSI mengalami penurunan 3%, $1.529.

Namun, di pantai timur AS, pembacaan Freightos Baltic Exchange FBX bertahan stabil minggu ini di $2.660 per 40 kaki.

Dan pengirim transatlantic mulai melihat dampak dari suntikan kapasitas ekstra signifikan pada rute tersebut, dengan penurunan 5% di FBX Eropa Utara ke pantai timur AS, $4.956 per 40 kaki.

Menurut CEO Vespucci Maritime, Lars Jensen, prospek jangka pendek bagi para operator masih tetap sama, dengan perang tarif baru membayangi seluruh perdagangan. Dia mencatat bahwa volume pada perdagangan laut dalam utama "baik pada, atau di bawah, tingkat sebelum pandemi setelah keruntuhan dimulai pada September".

"Hal ini didorong oleh para importir, terutama di Eropa dan Amerika Utara, yang sedang mengalami koreksi inventaris," kata Jensen. "Semua elemen di pasar pengiriman peti kemas menunjukkan periode yang menantang bagi operator peti kemas pada tahun 2023."

Dan analis tersebut memperingatkan: "Tidak hanya elemen fundamental yang mengarah pada penurunan siklus, tetapi tekanan persaingan antara operator juga siap untuk peningkatan sementara.

Translated with www.DeepL.com/Translator (free version)