freightsight
Selasa, 14 Mei 2024

PENGIRIMAN LAUT

Akhir Krisis Kapasitas, Tarif Pengiriman Terus Turun

5 September 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Ilustrasi Logistik via theloadstar.com

CEO Vespucci Maritime, Lars Jensen mengatakan, lonjakan tarif angkutan laut yang menyebabkan penurunan kapasitas selama dua tahun terakhir telah berakhir dan menunjukkan penurunan tarif berkelanjutan.

CEO Vespucci Maritime, Lars Jensen mengatakan, lonjakan tarif angkutan laut yang menyebabkan penurunan kapasitas selama dua tahun terakhir telah berakhir dan menunjukkan penurunan tarif berkelanjutan.

“Data yang tersedia menunjukkan bahwa dukungan fundamental untuk tarif angkutan yang sangat tinggi sekarang telah sepenuhnya hilang dan pelemahan lebih lanjut harus diantisipasi,” katanya.

Sementara itu, analis angkutan laut menambahkan, meskipun terjadi lonjakan tiba-tiba atau hambatan tidak terduga yang mengkerek suku bunga, kondisi pasar tetap akan normal.

"Meskipun gundukan kecil di jalan, dalam bentuk lonjakan permintaan pendek yang tiba-tiba atau hambatan yang tidak terduga, dapat menyebabkan pergerakan suku bunga naik sementara, perkembangan suku bunga secara keseluruhan akan terus turun menuju tingkat pasar yang lebih normal."

WCI Drewry minggu ini mencatat penurunan 5% lagi dalam komponen Asia-Eropa Utara, menjadi $7.583 per 40ft. Namun indeks harus mengejar ketinggalan dengan pasar yang bergerak sangat cepat karena operator mulai memberikan diskon besar-besaran untuk mengisi kapal.

Loadstar telah melihat harga tetap yang ditawarkan minggu ini untuk pelayaran dari China, berlaku hingga November, sekarang di bawah $6.000 per 40 kaki, dengan ketersediaan ruang tak terbatas.

Setahun yang lalu, tarif dari China ke Eropa Utara adalah sekitar $14.000 untuk Antwerpen dan Rotterdam dan $16.000 untuk Inggris, dengan kargo digulirkan dari minggu ke minggu.

Namun, pada bulan September 2020, operator dapat mengirim 40 kaki dari Shanghai ke Rotterdam dengan harga sekitar $2.000.
Operator akan putus asa untuk memastikan tingkat tidak jatuh ke tingkat ini lagi, dan akan berusaha untuk memperlambat, jika tidak menghentikan, erosi.

Sementara itu, di transpasifik, pembacaan WCI Asia ke pantai barat AS turun 9% lagi pada minggu ini, menjadi $5.662 per 40ft, sementara ada penurunan yang lebih sederhana sebesar 3% untuk tarif pantai timur, menjadi $9.304. Permintaan konsumen AS telah bertahan lebih baik daripada di Eropa dan kemacetan pelabuhan di pantai timur telah mendukung tarif untuk semua layanan air.

Oleh karena itu, operator harus sangat disiplin dalam manajemen kapasitas mereka untuk mencegah penurunan signifikan lebih lanjut dalam harga spot di dalam dan sekitar liburan Pekan Emas China awal bulan depan.

Selain itu, prospek tarif jangka panjang sama-sama mengkhawatirkan bagi operator karena mendekati musim perpanjangan kontrak.
“Volume turun seperti yang diharapkan dan tarif jangka panjang mulai mengikuti tren yang ditetapkan oleh pasar spot,” kata CEO perusahaan pembanding tarif angkutan Xeneta, Patrik Berglund.

Satu-satunya titik terang untuk operator tampaknya berada di perdagangan transatlantik, di mana Indeks Baltik Freightos minggu ini mencatat kurs spot tidak berubah, pada $8.333 per 40ft.

Pada bulan September tahun lalu, tarif pada rute tersebut mencapai sekitar $6.000 dan, 12 bulan sebelumnya, sekitar $1.600 per 40 kaki.