freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

Akan Dimulai 2020 Biaya Pembangunan Pelabuhan Donggola Ditaksir Habiskan Dana Sebesar Rp 470 Miliar

2 Desember 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kontruksi pelabuhan

Giant crane and other machinery in sea port © Jace...

• Rustman Efendi selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Donggola membeberkan bahwa anggaran untuk pembangunan pelabuhan kargo dan penumpang Donggola, Sulawesi tengah akan capai RP 470 miliar.

• Pada tahun depan, dipastikan bahwa pemerintah kabupaten Donggala sudah akan mempersiapkan semua kebutuhan dokumen yang diperlukan untuk melakukan pembangunan pelabuhan.

Rustman Efendi selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Donggola membeberkan bahwa anggaran untuk pembangunan pelabuhan kargo dan penumpang Donggola, Sulawesi tengah akan capai RP 470 miliar. Sebelumnya juga sudah ditetapkan bahwa mereka akan mulai melakukan pembangunan pada tahun depan.

Rustman juga menyampaikan bahwa pelabuhan ini nantinya akan di bangun di lokasi Anjungan Gonegganti Donggala, Kelurahan Kabonga Kecil, kecamatan Banawa.

"Sebesar 470 miliar rupiah dana APBN telah disiapkan Kementerian Perhubungan untuk pembangunannya," ujar Rustam Efendi kepada PaluPoso, Minggu (28/11).

Sebenarnya bukan tanpa alasan mengapa pembangunan Pelabuhan Donggala sampai bisa menelan anggaran yang begitu besar. salah satu alasannya adalah karena lokasi pembangunan Pelabuhan Donggala berada di tempat yang terbilang strategis untuk berbagai macam aktivitas perekonomian di Indonesia timur.

"Donggala ini karena letak posisinya menjadi pintu masuk dan keluarnya aktivitas ekonomi di Sulawesi Tengah. Sekaligus interkoneksi Indonesia bagian timur," katanya.

Ia juga melanjutkan bahwa nantinya ketika ibu kota Indonesia sudah resmi pindah, maka dipastikan aktivitas keluar masuk di pelabuhan Donggala juga akan padat, dan ramai.

Karena itu, ia mengatakan bahwa pembangunan pelabuhan Donggala yang berlokasi di Anjungan Goneganti Donggala ini harus mereka mulai secepatnya. Pada tahun depan, dipastikan bahwa pemerintah kabupaten Donggala sudah akan mempersiapkan semua kebutuhan dokumen yang diperlukan untuk melakukan pembangunan pelabuhan.

"Kemarin sudah dilakukan pertemuan menyusun Eropmaps atau peta jalan terkait persiapan Kabupaten Donggala sebagai daerah penyangga," ujarnya.

Bahkan, kini diketahui bahwa desain pelabuhan di anjungan Gonegganti Donggala juga sudah masuk di dalam RPJMD Sulawesi tengah tahun 2022.

"Dimaksudkan adalah agar daerah benar-benar siap sebagai daerah penyangga untuk aktifitas keluar masuk ekonomi dan jasa," katanya.