freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

Acara Peletakan Batu Pertama Pelabuhan Carat Sumsel Diundur Desember

2 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pelabuhan senja

Shipping Boat Near Dock © mali maeder via Pexels

Mulanya acara peletakan batu pertama untuk pelabuhan Carat, yang terletak di kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, telah dijadwalkan akan dilakukan pada bulan November. Namun kini diundur sampai pada bulan Desember 2021 ini.

Ekowati Retnaningsih selaku Perwakilan dari PT Asistensi II Bidang Ekonomi, keuangan dan pembangunan Sumsel, menyampaikan bahwa alasan mengapa terjadinya kemunduran jadwal peletakan batu pertama adalah karena ada beberapa masalah administrasi yang sampai saat ini masih belum bisa diselesaikan.

“Kami undur, jadinya Desember 2021. Tetapi proyek itu tetap masuk dalam proyek strategi nasional (PSN), jadi pasti akan ada lebih banyak permudahan, dan percepatan,” lanjutnya.
Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa untuk jalan yang akan dibuat akses menuju pelabuhan, nantinya juga akan mendapatkan bantuan dari APBN yang akan disalurkan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dikarenakan selama ini Sumatera Selatan memang belum memiliki pelabuhan dengan laut yang dalam, maka kini Pelabuhan Carat diharapkan akan mampu menjadi pelabuhan ekspor untuk mereka. Selain itu, keberadaan pelabuhan ini nantinya juga akan membantu beban yang selama ini hanya ditumpukan pada Pelabuhan Boom Baru.

Selama ini, masyarakat Sumatera Selatan selalu melakukan pengangkutan berbagai komoditas, mulai dari, karet, minyak sawit, kelapa, dan lain sebagainya, hanya di pelabuhan Boom baru, hal ini tentunya menjadikan proses pengangkutan komoditi jadi tidak maksimal, karena mau tidak mau mereka harus melalui sungai, dengan demikian pelayaran kapal jadi sering terhambat akibat adanya pendangkalan sungai.

Dengan adanya berbagai fakta di atas, memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini Sumatera Selatan memang membutuhkan pelabuhan lain. Jadi, rencana pembangunan salah satu pelabuhan nasional, yakni pelabuhan Carat tentu merupakan rencana yang sangat tepat.

Nantinya, pembangunan pelabuhan ini akan dilaksanakan dengan menggunakan dana sharing antara pemerintah dan badan usaha. Estimasi anggaran yang bakal dibutuhkan untuk membangun Pelabuhan Carat ini diperkirakan akan mencapai angka Rp 2 triliun.