freightsight
Jumat, 26 April 2024

PENGIRIMAN DARAT

Untuk Tuntaskan Pembangunan Tol Becakayu Dibutuhkan RP 33.75 Triliun

5 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Tol becakayu

Pembangunan Tol Becakayu via pu.go.id

• Untuk bisa menyelesaikan pembangunan proyek Jalan Tol Becakayu, maka dibutuhkan dana yang cukup besar, yakni sebesar Rp 3,75 triliun.

• Jalan Tol Becakayu seksi 2A-2A Ujung yang kini sedang dibangun oleh Waskita adalah menggunakan struktur elevated memiliki panjang 4,88 km dan saat ini progresnya sudah mencapai 83,6 persen.

Luhut Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kementerian dan Investasi Luhut Pandjaitan Mengungkapkan bahwa pemerintah akan segera menyelesaikan proyek Jalan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu atau Becakayu, untuk bisa menyelesaikan pembangunan proyek ini, maka dibutuhkan dana yang cukup besar, yakni sebesar Rp 3,75 triliun.

"Kami bersama Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, dan juga BUMN Waskita Karya beserta Walikota Bekasi dan Bupati Bekasi meninjau proyek Jalan Tol Becakayu yang sudah konstruksi sejak 1996, jadi kita mau tuntaskan," ujar Luhut seperti dikutip dari Antara, Jumat (24/12).

Lebih lanjut, Luhut menyampaikan bahwa pemerintah bisa memiliki beberapa opsi atau pilihan untuk menyelesaikan proyek tersebut. hanya saja, dia memang tidak menyebutkan secara rinci, apa saja opsi tersebut.

Ia hanya menyampaikan bahwa, apabila jalan tol tersebut bisa diselesaikan maka kemungkinan besar akan bisa mengurangi kemacetan, mulai dari jalan bypass, Cawang hingga Tambun.

"Tadi sudah disampaikan kita butuh Rp3,75 triliun, kita memiliki pilihan-pilihan untuk menuntaskan pembangunan jalan tol ini," kata Luhut.

Sebelum ini PT Waskita Karya juga menyampaikan harapannya agar keseluruhan seksi Jalan Tol Becakayu bisa beroperasi pada pertengahan tahun depan.

Ratna Ningrum selaku SVP Corporate Secretary Waskita, mengatakan bahwa pihaknya telah menyelesaikan pekerjaan erection Steel Box Arch (SBArch) girder pada proyek pembangunan Jalan Tol Becakayu Seksi 2A Ujung.

Kemudian dijelaskan pula bahwa erection girder yang telah dilakukan menggunakan Crawler Crane memiliki kapasitas 800 ton, memiliki total bentang dengan panjang 212,6 meter dan berjumlah 36 batang girder.

Perlu diketahui bahwa pekerjaan erection SBArch girder ini adalah tonggak penting yang menandai adanya kemajuan pada pengerjaan proyek Jalan Tol Becakayu dengan panjang 16,02 km.

Jalan Tol Becakayu seksi 2A-2A Ujung yang kini sedang dibangun oleh Waskita adalah menggunakan struktur elevated memiliki panjang 4,88 km dan saat ini progresnya sudah mencapai 83,6 persen.