freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

Tol, Pelabuhan, dan Pertanian, Sedang Jadi Fokus Utama Pemerintah Sumbar dan Riau

14 Desember 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pemerintah daerah Sumbar dan Riau

© padang.harianhaluan.com

• Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Provinsi Riau memutuskan untuk melakukan kerjasama untuk bisa mewujudkan optimalisasi pembangunan.

• Terdapat 3 perjanjian penting dari kesepakatan yang dilakukan oleh Pemprov Sumbar dan Pemrov Riau.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Provinsi Riau memutuskan untuk melakukan kerjasama untuk bisa mewujudkan optimalisasi pembangunan.

Kedua Pemerintah Provinsi sangat menyadari bahwa kesejahteraan masyarakat adalah hal yang sangat penting. Karena itu, salah satu upaya yang mereka ambil adalah dengan melakukan penandatanganan perjanjian. Selain itu, hal ini juga menjadi bagian dari dukungan pembangunan nasional.

Acara penandatanganan kerjasama yang mereka lakukan dilaksanakan di Gedung Daerah, Balai Serindi, Kota Pekanbaru, pada bulan lalu.

Di dalam perjanjian yang disepakati tersebut terdapat 3 perjanjian khusus yang mencakup perangkat daerah kedua provinsi. Mulai dari Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan Holtikultura, dan tentang kerjasama pengelolaan pertanian, tanaman pangan, serta holtikultural.

Kemudian, ada pula perjanjian tentang kerjasama antara Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultural Provinsi Riau dan Dinas Pangan Provinsi Sumbar tentang distribusi ketersediaan pangan.

Yang terakhir adalah perjanjian antara Satpol PP kedua provinsi, tentang penegakan Perda dan Perkada, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat perbatasan.

Buya Mahyeldi selaku Gubernur Sumbar, dan Syamsuar selaku Gubernur Riau, dalam sambutannya menyampaikan bahwa mereka bersyukur atas kerja sama yang dilakukan. Disampaikan pula harapan agar kerjasama ini bisa ditingkatkan pada berbagai bidang lain dalam waktu yang akan datang.

"Terima kasih atas kerja sama ini, sebagai wujud keseriusan kedua provinsi dalam optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan kedua provinsi," kata Mahyeldi, pada Kamis (9/12).

Mahyeldi juga mengatakan bahwa saat ini, dan untuk waktu ke depan, kerjasama merupakan hal yang krusial bagi pemerintah daerah.

Di sisi lain, secara khusus Syamsuar menyampaikan harapannya agar pembangunan pelabuhan yang dilakukan di Air Bangis Pasaman dan berbatasan dengan Rokan Hulu, Riau dapat segera terealisasi. Temasuk juga proyek lain, pembangunan Tol Sumbar-Riau, sehingga nantinya masyarakat kedua daerah bisa sama-sama memanfaatkannya.

"Riau sangat cinta dengan Sumbar. Semakin cepat jalan tolnya, semakin baik. Setiap liburan atau akhir pekan, kendaraan pelat BM sangat banyak di Sumbar. Jika tol selesai, tentu pelat BA juga bisa sampai ke Dumai," harap Syamsuar.