freightsight
Selasa, 23 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Tarif Rebound Karena Strategi Pelayaran Kosong Membuahkan Hasil untuk Operator

14 November 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

via envato

Tarif angkutan peti kemas spot pada perdagangan laut terbesar rebound minggu ini.

Kurs spot Asia-Eropa Utara Freightos meningkat 3% $4.959 per 40 kaki.

Tarif angkutan peti kemas spot pada perdagangan laut terbesar rebound minggu ini, walaupun permintaan melemah, menunjukkan pengurangan kapasitas mulai membalikkan penurunan harga selama berbulan-bulan.

Menurut indeks Freightos FBX, tarif pantai barat Asia-AS meningkat 11% dari minggu ke minggu, menjadi $2.763 per 40 kaki sekitar 80% lebih rendah dari waktu yang sama tahun lalu.

“Laju laut dari Asia secara keseluruhan stabil minggu ini – meskipun harga pantai barat Asia ke AS naik dan sekarang sejajar dengan harga di awal Oktober – menunjukkan penurunan tajam dimulai musim panas akan mendatar, karena kapasitas dihilangkan. Demi memenuhi permintaan turun,” kata analis utama Freightos, Judah Levine.

Data Sea-Intelligence menunjukkan pemotongan kapasitas baru-baru yang akan datang di trans pasifik, hingga akhir tahun berdampak pada tingkat harga.

“Pada dasarnya, apa yang kita lihat di sini adalah jumlah pelayaran kosong meningkat secara drastis di trans pasifik, tetapi tidak begitu banyak di Asia-Eropa,” kata Alan Murphy, CEO di Sea-Intelligence.

“Ada 34 pelayaran kosong tambahan di pantai barat Asia-Amerika Utara, dan 16 di pantai timur Asia-Amerika Utara. Dan, untuk yang pertama, operator telah mengumumkan pelayaran kosong 7-11 tambahan di semua kecuali lima minggu dari periode yang dianalisis.

“Namun, selama minggu 51 dan 52, operator tidak menjadwalkan pelayaran kosong di pantai barat Asia-Amerika Utara merupakan cerminan dari keraguan operator tentang bagaimana mendekati potensi kesibukan sebelum Tahun Baru China.

“Tampaknya lebih merupakan pendekatan menunggu dan melihat, dalam hal apakah akan ada lonjakan permintaan musiman,” tambahnya.

Harga pantai eest Asia-AS di Freightos FBX naik 2% dari minggu ke minggu, menjadi $5.767 per 40 kaki, yang 64% lebih rendah dari harga minggu ini tahun lalu.

“Data Federasi Ritel Nasional terbaru tentang impor peti kemas AS memperkirakan volume Oktober sama dengan September, meskipun 9% rendah dari Oktober,” jelas Levine.

“Volume November dan Desember diproyeksikan turun 5% ke level terendah sejak Februari 2021, tetapi akan mewakili peningkatan dua digit pada bulan-bulan tersebut di 2019.”

“Volume yang relatif kuat – bersama dengan kemacetan dan pengurangan kapasitas – masih membuat tarif laut meningkat dibandingkan 2019, dengan tarif ex-Asia ke pantai barat 81% lebih tinggi daripada tahun 2019, tarif pantai timur lebih dari dua kali lipat dan harga ke Eropa lebih dari tiga kali lipat level November 2019.”

Kurs spot Asia-Eropa Utara Freightos meningkat 3% $4.959 per 40 kaki, yang 65% rendah dari harga minggu ini tahun lalu.
Menurut sumber pasar, bagaimanapun, tingkat Asia-Eropa Utara berada dalam fluktuasi.

Seorang pengirim barang utama memberi tahu The Loadstar kecuraman penurunan tarif baru-baru ini "belum pernah terjadi sebelumnya", dan bahwa dia sekarang dikutip tarif $1.700 hingga 1.800 pengiriman dari Shanghai ke Rotterdam dan bahwa pada perdagangan ini dapat berharap melihat lebih banyak penurunan.

“Untuk sisa kuartal ini, menurut saya, itu hanya akan turun lebih jauh. Tidak ada yang terlihat akan mengubah pelemahan permintaan konsumen dinamis,” tambahnya.