freightsight
Sabtu, 1 Oktober 2022

INFO INDUSTRI

Estimasi Proses Pengiriman Barang dari China ke Indonesia

26 Oktober 2021

|

Penulis :

Abdu Rauf

Kalkulator Kasir di atas meja

Di era modern seperti sekarang ini perdagangan global semakin mudah dijangkau oleh banyak orang. Orang-orang pun kini sudah mulai membeli berbagai jenis barang dari China dengan harga yang lebih terjangkau.

Akan tetapi jarak China dan Indonesia yang cukup jauh membuat proses pengirimannya pun jauh lebih lama ketika dibandingkan dengan proses pengiriman domestik. Selain itu, jalur pengiriman yang ditawarkan bisa menggunakan pengiriman udara ataupun pengiriman laut. Semuanya tentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dari dua pilihan proses pengiriman barang, pengiriman laut banyak dipilih oleh banyak pedagang karena memiliki ongkos kirim yang cenderung lebih terjangkau. Meskipun demikian prosesnya membutuhkan waktu lebih lama ketika dibandingkan melalui udara, yakni sekitar 4 minggu hingga proses pemeriksaan bea cukai selesai.

Sejak awal tahun 2020, aktivitas kirim barang dari China ke Indonesia tentunya mengalami kendala, terutama di masa-masa pandemi. Pengiriman via udara tentu mengalami kendala dan keterlambatan karena banyak penerbangan antar negara yang terpaksa harus tutup sementara waktu. Sehingga membuat estimasi awalnya pun berubah menjadi lebih lama. Akan tetapi pengiriman laut barang-barang impor dari China tidak begitu mengalami kendala seiring berjalannya waktu.

Saat ini banyak orang sering kali merasa bingung saat menentukan jalur pengiriman yang sesuai dengan keadaan seperti sekarang ini. berikut ini adalah karakteristik pengiriman laut, yang perlu diketahui:

1. Biaya Pengiriman
Semua orang tentunya tahu betul bahwa pengiriman laut cenderung lebih mudah bila dibandingkan dengan jalur lainnya. Sehingga banyak orang lebih memilih menggunakannya ketika mereka mengirim barang ke luar negeri, apalagi bila dalam volume besar.

2. Lama Pengiriman
estimasi lama pengirimannya tentu saja jauh lebih lama ketika dibandingkan dengan jalur pengiriman lainnya. Para konsumen yang menunggu barang impor dari China dipastikan harus menunggu 3-4 minggu.

3. Jenis Barang
Jika barang yang akan dikirimkan memiliki ukuran besar ataupun bernilai rendah, maka pengiriman laut sangat direkomendasikan. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan biayanya jauh lebih rendah ketika menggunakan jalur ekspedisi satu ini.