freightsight
Jumat, 29 Maret 2024

PENGIRIMAN LAUT

Tol Laut Tarakan-Makassar Buka 39 Titik Peluang Baru

9 Mei 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via finance.detik.com

Pelindo IV Tarakan kini tengah menyiapkan fasilitas tol laut.

*Hal tersebut diungkapkan General Manager Pelindo IV Cabang Tarakan, Rio Dwi Santoso, Kamis (6/4).

“Dari Pelindo kami tetap harus siapkan itu (tol laut),” ungkap Rio.

Seluruh fasilitas tol laut merupakan milik negara, mulai dari perencanaan tarif hingga pelayanan nantinya. Dijelaskan Rio, ini merupakan kewajiban pelayanan publik. Tol laut ini menjadi peluang untuk pengembangan usaha antardaerah. “Nantinya tol laut ini akan menghubungkan Tarakan dan Sulawesi,” jelasnya.

Kendati demikian, rencana tol laut ini masih menunggu ketetapan pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI).

"Tetap berbayarlah. Tapi ini masih tunggu ketetapan pemerintah. Kalau sudah ada penetapannya, baru akan disosialisasikan ke masyarakat,” tuturnya.

Tol laut Makassar-Tarakan dan sebaliknya, merupakan rute baru. Sebab rute yang telah berjalan saat ini adalah rute Tarakan-Surabaya, namun kontainer yang diangkut melalui jalur tersebut mengikuti kapal Meratus.

Menurut Rio lagi, pembangunan tol laut ini akan lebih baik jika di tahun ini dapat berjalan. "Lama atau enggak itu saya kurang tahu karena ini tempatnya di Kementerian Perhubungan. Tapi kalau saya masih di tahun anggaran ini harus jalan itu,” tambahnya.

Efektivitas program tol laut harus dioptimalkan. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menilai pemerintah harus lebih aktif mensinergikan berbagai kementerian.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi, Akbar Himawan Buchari mengatakan, pertemuannya dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendiskusikan berbagai isu dan sinergi terkait digitalisasi pelabuhan dan tol laut. Untuk meningkatkan sinergi, perlu dilakukan sinergi minimal pada level perencanaan program. Hal itu dinilai sangat penting untuk menghilangkan kecemasan bahwa tol laut adalah program yang tidak efektif.

”Hipmi dan Kemenhub akan mulai melakukan digitalisasi tol laut. Tujuannya, mencegah praktik monopoli barang yang ditengarai masih terjadi di sejumlah daerah yang disinggahi tol laut tersebut dan akan dilakukan penertiban. Salah satu penertibannya dilakukan dengan digital,” bebernya, Rabu 8 Maret 2023 lalu.

Nanti barang yang didistribusikan selalu tercatat dalam data digital. Misalnya, kapan sampainya, untuk siapa, dan bisa dilihat jika ada monopoli pengelolaan barang atau tidak. Transportasi laut yang terangkai dengan baik menciptakan konektivitas antar wilayah turut berperan dalam kelancaran, pemerataan, dan efisiensi distribusi logistik.

Dengan begitu, tercipta keseragaman harga barang di seluruh Indonesia. "Itulah mengapa pemerintah membangun berbagai pelabuhan, kapal, dan memberikan subsidi angkutan laut, khususnya untuk angkutan barang yang menjadi skema tol laut,” urainya.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Hendri Ginting mengatakan, trayek angkutan tol laut pada tahun ini meningkat menjadi 39 titik. Sebelumnya, hanya 33 titik.

“Tahun ini ada penambahan enam trayek. Sudah lebih baik, sudah cukup meningkat,” ujarnya.

Berbicara soal target muatan balik di tol laut, lanjut Hendri, belum sesuai harapan. “Tapi, terus tumbuh persentasenya. Kalau kita rata-rata tadi, ada yang seratus persen. Kalaupun tumbuh minus, sudah mendekati menengah lah muatan baliknya,” tandasnya.