freightsight
Sabtu, 27 April 2024

EKSPOR

Pasar Ekspor Mobil Berkembang Pesat Membuat Pelabuhan Penuh dan Buku Pesanan Membentang

3 Mei 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via envato.com

Pasar ro-ro berkembang dengan permintaan tinggi dan ruang kapal dengan harga mahal.

Pelabuhan-pelabuhan lain mengambil langkah-langkah karena penyimpanan di pelabuhan kewalahan dengan skala impor ke Eropa.

Pasar ro-ro berkembang pesat, dengan permintaan tinggi dan ruang kapal dengan harga yang mahal, sementara operator pelabuhan di Eropa menolak menerima banyak kendaraan karena penyimpanan mencapai kapasitas.

Menurut sumber Loadstar, tempat penyimpanan kewalahan dengan skala impor di pelabuhan Antwerpen-Bruges.

"Kami terpaksa memindahkan mobil ke dalam kontainer," kata sumber tersebut.

Pelabuhan-pelabuhan lain mengambil langkah-langkah karena penyimpanan di pelabuhan kewalahan dengan skala impor ke Eropa, menurut sumber tersebut.

Dalam upaya memenuhi permintaan meningkat diperkirakan akan terus meningkat karena kendaraan listrik menggantikan mesin pembakaran internal - operator sibuk memesan kapal baru.

SAIC Anji, unit logistik dari produsen mobil terbesar di China, SAIC, memperluas daftar pesanan kapal pengangkut mobil dan truk murni (PCTC) dengan memesan empat kapal bertenaga metanol bertenaga bahan bakar ganda berkapasitas 9.000 unit setara mobil (ceu) di China Merchants Jinling Shipyard (Nanjing), menyusul pesanan tiga kapal serupa yang dikontrak di Galangan Kapal Jiangnan pada hari Jumat.

Biaya setiap kapal dirancang khusus untuk SAIC Anji, diperkirakan mencapai $96 juta. Kapal-kapal tersebut berbendera China dan diklasifikasikan ganda oleh DNV dan China Classification Society.

SAIC Anji kini menjadi penyedia logistik otomotif terbesar di Tiongkok, dengan jaringan menghubungkan lebih dari 100 negara. Tahun lalu, perusahaan ini membentuk Guangzhou Ocean Car Carrier (GOCC) dengan Cosco dan SIPG Logistics, sebuah unit dari Shanghai International Port Group.

GOCC memiliki 24 PCTC dipesan untuk pengiriman antara tahun 2024 dan 2026, di samping penyewaan jangka panjang enam kapal 7.500 ceu yang dibangun oleh pemilik Jepang, Santoku Senpaku, di Fujian Shipbuilding.

Kapal-kapal baru yang dikontrak selama akhir pekan May Day menambah lima PCTC berbahan bakar LNG yang dipesan di Jiangnan tahun lalu.

SAIC Anji memesan tiga kapal 7.800 ceu dan dua kapal 7.600 ceu di Jiangnan akan dikirim pada tahun 2024 dan 2025, masing-masing dengan nilai sekitar 85 juta dolar AS.

Kapal-kapal ini juga dirancang oleh SDARI, yang akan dikirim pada tahun 2024 dan 2025, akan menggunakan mesin bahan bakar ganda WinGD dengan tangki LNG tipe-C.

Pada tahun 2022, China mengekspor 3,11 juta mobil, melampaui Jerman menjadi eksportir terbesar kedua di dunia setelah Jepang. Namun, ada kekhawatiran bahwa kekurangan kapasitas transportasi dan melonjaknya tarif sewa PCTC dapat menghambat ekspor mobil China. Bulan lalu, broker kapal Clarksons mencatat bahwa tarif sewa PCTC telah mencapai rekor tertinggi sebesar $110.000 per hari.

Tahun lalu, 90 PCTC dengan 560.000 ceu dipesan, hampir tiga kali lipat dari 38 yang dipesan pada tahun 2021. Selama puncak pandemi, pada tahun 2020, hanya ada empat yang dipesan.

Lonjakan ekspor mobil China, 1,07 juta kendaraan pada Q1 23, naik 58% dari tahun ke tahun, mendukung permintaan PCTC.