freightsight
Minggu, 4 Desember 2022

TEKNOLOGI

Pacu Kinerja UMKM Sumatera Utara Melalui Inovasi Teknologi Logistik juga Pergudangan Digital

29 September 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

UMKM via globalmedan.com

Medan Inovasi teknologi logistik dan pergudangan digital untuk saat ini dinilai telah mampu mendorong akselerasi pemulihan ekonomi dengan cara memacu kinerja UMKM.

Produk-produk UMKM Sumatera Utara tentu saja bisa dibilang sangat berpotensi tinggi untuk dikenal nasional atau juga secara global, kemudian produk makanan juga kosmetik menjadi sektor pengguna layanan Shipper terbanyak yang ada di Medan.

Medan Inovasi teknologi logistik dan pergudangan digital untuk saat ini dinilai telah mampu mendorong akselerasi pemulihan ekonomi dengan cara memacu kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal. Salah satunya yaitu ada di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Hal tersebut tentu saja juga menjadi salah satu alasan mengapa Shipper menciptakan inovasi teknologi logistik serta pergudangan digital. Tujuannya tentu saja untuk bisa membantu UMKM untuk cepat naik kelas dengan caranya yaitu mengatasi kendala rantai pasok juga pemasaran melalui digital yang dihadapi.

Menurut Laporan Perekonomian Provinsi Sumut pada Bulan Agustus 2022 yang dirilis Bank Indonesia, meskipun memang terus saja menunjukkan pertumbuhan perekonomian yang kini semakin baik, justru Sumatera Utara kini memang masih terus dibayangi oleh inflasi pada triwulan II-2022 yang mencapai 5,61% (yoy).

Namun, rupanya memang Bank Indonesia di sini pun juga mencatat bahwa dorongan Pemerintah Daerah yang ada di dalam tentu saja akan dapat memastikan jalur distribusi juga rantai pasok yang bisa dinilai lebih efisien juga dapat menjadi faktor pendorong akselerasi pemulihan ekonomi Sumatera Utara.

AVP External Affairs Shipper, Even Alex Chandramengatakan, produk-produk UMKM Sumatera Utara tentu saja bisa dibilang sangat berpotensi tinggi untuk dikenal nasional atau juga secara global. Produk makanan juga kosmetik hingga saat ini saja tentu telah menjadi sektor pengguna layanan Shipper terbanyak yang ada di Medan.

"Kita ingin memacu kinerja UMKM Sumut yang menjadi penopang perekonomian daerah, dengan pemberdayaan dan layanan distribusi logistik dan gudang terintegrasi yang aman dan lancar untuk mempercepat mereka naik kelas," kata Alex di Medan, Selasa (27/9).