freightsight
Kamis, 23 Mei 2024

TEKNOLOGI

Okupansi Kereta Cepat Whoosh Mencapai 60% Meski Sudah Berbayar

19 Oktober 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

Setelah memberikan ujicoba layanan gratis, PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mulai menerapkan tarif berbayar. Meski begitu, okupansi sudah mencapai 60%.

Di laporkan bahwa pada Rabu (18/10/2023) Kereta Cepat Whoosh Indonesia mengangkut sebanyak 4.000 penumpang dimana ini merupakan hari diberlakukannya tiket berbayar dengan tarif promo.

Hal ini berarti antusiasme masyarakat terhadap penggunaan kereta cepat ini tidak mengalami penurunan. Terbukti pula bahwa teknologi kereta cepat memang salah satu hal yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendukung mobilitas yang tinggi dalam keseharian.

KCIC sendiri mulai menerapkan tarif promo sebesar Rp 150.000 mulai 18 Oktober 2023. corporate Secretary PT. KCIC Eva Chairunisa mengatakan bahwa tanggal 18 Oktober 2023 ini merupakan momen peresmian perjalanan kereta cepat pertama yang mengangkut penumpang berbayar. Perseroan mematok promo tiket Kereta Cepat Whoosh seharga Rp 150.000 untuk satu kali perjalanan. Jadi, ini masih merupakan harga promo.

‘’Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket seharga Rp 150.000 dapat segera melakukan proses transaksi melalui aplikasi Whoosh.’’ Ujar Eva melalui keterangan resmi pada Selasa (17/10/2023).

Selain melalui penggunaan aplikasi Whoosh, pembelian tiket Kereta Cepat ini juga bisa dilakukan melalui Access by KAI dan Livin Mandiri. Dalam waktu dekat, ada beberapa aplikasi mobile lainnya yang juga bisa digunakan untuk mengakomodir pembelian tiket ini seperti BRI mo dan BNI Mobile Banking.

Masyarakat pada dasarnya dapat melakukan pembelian tiket menggunakan fitur pembayaran menggunakan akun virtual dari Bank BRI, BNI, dan Mandiri melalui berbagai channel penjualan tiket.

Untuk tarif promo tiket Kereta Cepat ini berlaku mulai 18 Oktober 2023 hingga 30 November 2023. Diketahui bahwa penerapan promo ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh rencana penggunaan strategi dynamic pricing. Artinya, penerapan tarif akan mengikuti pola permintaan atau strategi perusahaan dengan menggunakan perhitungan serta kajian yang tepat.

KCIC juga memberikan hadiah bagi penumpang yang telah antusias membeli tiket Kereta Cepat Whoosh sejak awak pembukaannya dengan memberikan tiket gratis sesuai jumlah yang telah dibeli sebelumnya oleh penumpang untuk keberangkatan 18 Oktober 2023 - 23 Oktober 2023. reward ini bisa di klaim di loket atau customer service stasiun dengan memberikan bukti transaksi sebelumnya.

Eva juga menambahkan bahwa kehadiran Kereta Cepat ini mendapatkan respons yang sangat baik dari masyarakat terbukti dengan ribuan penumpang yang berhasil diangkut pada Rabu (18/10/2023).

‘’Hal ini terlihat dari keterisian tempat duduk pada hari kerja dengan okupansi rata-rata mencapai 50 hingga 60% dari total ketersediaan tempat duduk di setiap rangkaian.’’ terang Eva, Rabu (18/10/2023).

Ia juga melaporkan bahwa tercatat sudah ada 15.000 tiket yang dipesan hingga keberangkatan 23 Oktober 2023. Jumlah ini disebut sangat dinamis sehingga kemungkinan besar akan terus meningkat karena pemesanan tiket masih terus berlangsung hingga saat ini.

Perihal pemesanan tiket, masyarakat bisa melakukannya hingga perjalanan 7 hari ke depan. Untuk batas waktu pemesanan tiketnya sendiri dapat dilakukan hingga 30 menit sebelum jadwal keberangkatan yang akan dipilih.

Masyarakat di imbau untuk melakukan pembelian tiket di channel penjualan resmi. Masyarakat juga diminta untuk lebih teliti dalam memperhatikan jadwal keberangkatan karena gate boarding akan ditutup 5 menit sebelum keberangkatan. Jika penumpang tertinggal kereta maka tiket yang sudah di beli tidak dapat dikembalikan lagi. Pastikan untuk cari informasi lainnya di saluran resmi Whoosh.