freightsight
Sabtu, 4 Februari 2023

PENGIRIMAN DARAT

Mulai Kuartal III/2023 Solo - Yogyakarta Hanya Butuh 20 Menit Saja!

18 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Jalan tol

Asphalt road © evening_tao via Freepik

• Danang Parikesit selaku Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), menyampaikan bahwa saat ini sedang dilakukan pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo dengan panjang 96,57 Km.

• Selain itu, Jalan Tol Solo – Yogyakarta – Kulon Progo ini adalah bagian dari program pembangunan jalan tol yang telah direncanakan oleh Pemerintah dalam upaya mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Super Prioritas Borobudur.

Danang Parikesit selaku Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), menyampaikan bahwa saat ini sedang dilakukan pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo dengan panjang 96,57 Km. Dalam pembangunan tersebut telah ditargetkan seksi 1 (Kartasur – Purwomartini) dengan panjang 42,37 Km nantinya akan mulai beroperasi pada kuartal III/2023.

“Sudah memasuki pengerjaan Seksi 1 ruas Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,38 Km dengan progres konstruksi mencapai 17,88 persen,” ujarnya dikutip dalam Laman Kementerian BPJT, Rabu (12/1/2022).

Danang mengatakan bahwa dengan adanya Jalan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo maka akan membuat konektivitas dan aksesbilitas antar wilayah jadi meningkat. Selain itu kehadiran tol ini juga akan memungkinkan terjadinya pengembangan pada wilayah yang dilaluinya, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

“Merujuk keterangan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jogjasolo Marga Makmur, nantinya setelah Seksi 1 rampung waktu tempuh perjalanan dari Solo hingga Yogyakarta akan ditempuh dengan waktu perjalanan yang semakin cepat hanya dalam 20 menit. Jika menggunakan jalan akses utama saat ini dapat mencapai waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan,” katanya.

Dengan dibangunnya jalan tol ini, maka diharapkan juga akan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan perekonomian masyarakat pada segitiga emas sektor pariwisata Joglosemar (Yogyakarta, Solo, dan Semarang). Karena sebagaimana diketahui apabila akses infrastruktur baik maka besar kemungkinan juga akan menarik minat wisatawan untuk mengunjungi sebuah destinasi.

Selain itu, Jalan Tol Solo – Yogyakarta – Kulon Progo ini adalah bagian dari program pembangunan jalan tol yang telah direncanakan oleh Pemerintah dalam upaya mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Super Prioritas Borobudur.

Nantinya dengan terhubungnya jalan tol ini, maka akan memberikan kemudahan akses pendukung kelancaran lalu lintas menuju 3 Bandar Udara, yakni New Yogyakarta Internasional Airport di Kolon Progo, Bandar Udara Ahmad Yani di Semarang, dan Adi Soemarmo di Solo.