freightsight
Rabu, 28 September 2022

PENGIRIMAN UDARA

Menhub Himbau Pelaku Usaha Untuk Mendukung Transportasi Usaha di Wilayah 3TP

22 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

pengiriman udara logistik

Industrial plane © onlyyouqjvia Freepik

• Budi Karya minta pelaku usaha mendukung konektivitas untuk wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan.

• Ada jutaan penduduk di wilayah 3TP yang sangat membutuhkan konektivitas, demi menjaga pasokan logistik dan pergerakan roda ekonomi.

Budi Karya Sumadi, selaku Menteri Perhubungan (Menhub) menghimbau dan meminta pada Indonesia National Air Carriers Association (NACA) agar mau mendukung dan mewujudkan visi serta misi dari presiden Indonesia-Joko Widodo, dalam menciptakan konektivitas transportasi di wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

Menurutnya, karena Indonesia adalah negara kepulauan, maka negara ini sangat membutuhkan konektivitas. Yang mana salah satunya adalah mereka berikan melalui industri penerbangan. Karena bagaimanapun, ada jutaan orang di wilah 3TP yang selalu bergantung pada distribusi logistik. Selain itu, pergerakan penduduk juga bergantung pada transportasi yang ada. Jika pergerakan terganggu maka perputaran roda ekonomi juga akan mengalami masalah.

“Untuk itu saya berharap peran dan dukungan INACA untuk men-support transportasi yang ada di 3TP. Di Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, dan lainnya. Ini harus kita lakukan dengan seksama dan detail,” kata Menhub saat memberikan sambutan dalam Rapat Umum Anggota (RUA) INACA 2021, Kamis (18/11/2021).

Menhub berharap bahwa rapat yang dilakukan akan bisa memberikan kontribusi positif untuk ke depan. Harapannya, INACA juga akan bisa meningkatkan komunikasi publik yang lebih baik, baik pada lingkungan industri, maupun masyarakat luas.

Budi karya juga mengakui bahwa situasi pandemi Covid-19 adalah pukulan yang sangat berat untuk industri penerbangan. Ya, sebagaimana di ketahui bahwa selama masa pandemi, terjadi pembatasan wilayah, dan menyebabkan adanya pembatasan pergerakan masyarakat, serta pembatasan penerbangan.
Akan tetapi, meskipun demikian Indonesia masih menjadi salah satu negara yang berhasil bangkit dari serangan dampak pandemi dengan cukup cepat.

“Oleh karena itu, pemulihan industri penerbangan yang amat terjamin, serta berkelanjutan menjadi urgensi dan prioritas kita semua. Untuk menjaga tujuan itu, maka dibutuhkan kerja sama dan koordinasi yang erat antara kami dan stakeholder penerbangan, serta semua pemangku kebijakan dan penyelenggara kesehatan nasional,” imbuh Budi.

Lebih lanjut lagi, Menhub mengatakan bahwa sektor transportasi udara memang memiliki peran yang sangat besar dan sangat penting agar bisa menjangkau wilayah 3TP di saat ini. Hal ini karena trasnportasi udara bisa menjangkau semua wilayah di Indonesia, dan mengantisipasi adanya kesenjangan harga dari berbagai kebutuhan masyarakat.

Kementerian Perhubungan yang merupakan regulator, dan juga agar mereka bisa memastikan dengan baik lancarnya jangkauan ke wilayah 3TP, mereka akan terus melakukan dan memberikan dukungan terbaik agar bisa mewujudkan konektivitas yang lancar untuk wilayah 3TP.

“Saya harap seluruh anggota INACA dapat mendukung visi misi Presiden yang ingin konektivitas itu terjaga dengan baik untuk mewujudkan penyelenggaraan transportasi negara yang andal, berdaya saing, dengan tetap memprioritaskan unsur keselamatan dan keamanan penerbangan, serta tetap menjamin penerbangan yang sehat dengan pelaksanaan protokol kesehatan,” tutupnya.