freightsight
Sabtu, 30 September 2023

TEKNOLOGI

Luncurkan Borneos.co, PKT Kaltim Ajak UMKM Global Melek Digital

16 Februari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Borneos.co

Dokumentasi via JIBI/Istimewa

• PT Pupuk Kaltim (PKT) mengajak pelaku UMKM Bontang untuk Go Digital melalui adopsi teknologi berkelanjutan bernama Borneos.co untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

• Melalui marketplace ini para pelaku UMKM Bontang dapat menampilkan produk mereka dan memberikan layanan penjualan yang mudah bagi pembeli maupun penjual.

PT Pupuk Kalimatan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) sosialisasikan Borneos.co aplikasi berbasis website sebagai suatu bentuk ekosistem digital dalam upaya membantu pelaku UMKM di Kota Bontang untuk mempromosikan dan penjualan secara daring.

Sosialiasi digelar di Gedung Koperasi Karyawan PKT pada Selasa (8/2/2022). VP CSR PTK Anggono Wijaya mengatakan, Borneos.co merupakan bentuk komitmen PKT untuk mendorong pelaku usaha tetap tumbuh dan berkembang di tengah pandemi dengan cara meningkatkan penjualan secara digital.

Sosialisasi diikuti 117 peserta yang meliputi mitra binaan perusahaan maupun pelaku UMKM lain di Kota Bontang.
"Ini adalah wujud komitmen PKT terhadap dorongan perkembangan pelaku UMKM di Bontang. Agar usaha mereka tetap berjalan dan terus berkembang melalui penjualan digital. Apalagi pandemi sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat, sehingga perlu upaya untuk mendorong UMKM Bontang tetap tumbuh dan berkembang," terang Anggono.

Dengan diluncurkannya Borneos.co diharapkan membantu pelaku UMKM Bontang untuk Go Digital dan menjangkau pasar yang lebih luas melalui adopsi teknologi berkelanjutan. Sekaligus memudahkan masyarakat mengenal produk UMKM daerah Bontang yang dihadirkan di marketplace tersebut.

Selain itu, hal ini juga menjadi langkah kesinambungan PKT dalam memberikan pembinaan terhadap pelaku UMKM melalui pembekalan peluang usaha berkelanjutan, termasuk upaya meningkatkan kapasitas pelaku UMKM terhadap ekosistem digital.
"Melalui upaya ini, kami berharap UMKM Bontang dapat tetap eksis dengan omset terus meningkat. PKT berkomitmen tinggi untuk terus mendorong UMKM agar mampu berkembang dengan lebih luas," tambah Anggono.

Sementara itu, pengelola Borneos.co Kahar Muzakir mengungkapkan, melalui marketplace ini para pelaku UMKM Bontang dapat menampilkan produk mereka dan memberikan layanan penjualan yang mudah bagi pembeli maupun penjual.

Untuk mengakses Borneos.co, pelanggan tidak perlu repot mengunduh aplikasi di smartphone karena marketplace tersebut berbasis website. Tidak hanya itu, Borneos.co juga menyediakan mitra kurir untuk mengantarkan pesanan sebagai bentuk pelayanan maksimal bagi pelanggan.

"Borneos.co juga menyediakan jasa antar pesanan sebagai bentuk pelayanan maksimal untuk pelanggan," kata Kahar.
Kehadiran Borneos.co sebagai suatu pengembangan ekosistem digital bagi UMKM sejatinya tidak hanya mewadahi penjualan dan promosi saja, tetapi juga membekali pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuan berbasis daring mereka melalui program pembinaan dan penguatan kapasitas SDM yang diluncurkan PKT. Tidak menutup kemungkinan, langkah ini dapat menjadi awal terbukanya gerbang ekspor produk Bontang ke pasar global.