freightsight
Rabu, 24 April 2024

INFO INDUSTRI

LPEI Bersama DJBC dan DJP Resmikan Rumah Ekspor Solo Untuk Dukung UMKM

30 Desember 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

rumah ekspor

Peresmian rumah ekspor via indoposco.id

• Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank, sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI terus melakukan pendataan untuk meningkatkan ekspor nasional Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

• Sebagaimana dikatakan sebelumnya bahwa LPEI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI, akan menjalankan mandatnya untuk meningkatkan ekspor nasional.

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank, sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI terus melakukan pendataan untuk meningkatkan ekspor nasional Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), entah dari aspek finansial maupun non finansial salah satunya adalah menciptakan eksportir baru, khususnya di Wilayah Solo dan sekitarnya.

Dalam upaya mendukung UMKM untuk bisa menjadi eksportir, pihak LPEI melakukan kerjasama dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melakukan acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk meresmikan Rumah Ekspor Solo (RES).

Pihak yang melakukan penandatanganan ini adalah Muhammad Purwanto selaku Kepala Kanwil DJBC Jateng dan DIY, mewakili DJBC, Ninik Martini, selaku Kanwil II LPEI mewakili LPEI, dan Slamet Sutantyo selaku Kepala Kanwil DJP Jateng II mewakili DJP. Sedangkan untuk acara peresmian RES dilakukan secara simbolis oleh Teguh Prakoso selaku Wakil Walikota Solo.

Dibuatnya Rumah Ekspor Solo adalah karena adanya perlambatan dalam pertumbuhan ekonomi nasional, penurunan penerimaan negara, peningkatan belanja negara serta pembiayaan, dikarenakan adanya pandemi Covi-19 sejak tahun lalu.

Demi bisa menghadapi semua tantangan tersebut, DJBC, LPEI, dan DJP melakukan inisiatif untuk bekerjasama serta berkolaborasi bersama-sama mendukung penuh UMKM wilayah Surakarta dan sekitarnya dalam usaha untuk mengembangkan usaha agar bisa dipasarkan sampai luar negeri.

Suminto selaku PLT Direktur Eksekutif LPEI mengatakan bahwa pada program RES, LPEI nantinya akan menyediakan informasi terkini tentang pasar ekspor, kebutuhan dunia dan pasar yang terbuka untuk komoditas unggulan yang berpotensi dari seluruh Indonesia.

Sebagaimana dikatakan sebelumnya bahwa LPEI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI, akan menjalankan mandatnya untuk meningkatkan ekspor nasional dan menciptakan eksportir baru dai Solo dan sekitarnya.

"Momentum peresmian RES yang berdekatan dengan hari ibu akan semakin meningkatkan peran perempuan atau ibu dalam sektor UKM khususnya yang berorientasi ekspor," ujar Suminto ditulis Kamis (23/12/2021).