freightsight
Minggu, 4 Desember 2022

REGULASI

Kerjasama Adalah Kunci Tingkatkan Ekspor UKM Jateng

2 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Berjabat tangan untuk bekerjasama

Two Persons Handshaking © Chris Liverani via Unspl...

Apabila ingin meningkatkan ekspor, maka sebuah negara tentunya harus mau melakukan kerjasama secara menyeluruh, baik dar hulu, sampai ke hilir. Kini sebuah inisiasi telah dilakukan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPI) yang memiliki tugas Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian keuangan republik Indonesia, yang mana demi meningkatkan ekspor, mereka telah menciptakan wadah kerja dengan tajuk Rumah Ekspor di Surakarta, Jawa Tengah.

Tujuan dari dibuatnya Rumah Ekspor, tentu saja untuk mencari solusi agar kegiatan ekspor bisa berjalan dengan baik. Hal ini juga merupakan sinergi yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Keuangan RI, Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Perindustrian RI, dan Kemenko UKM RI.

“Rumah ekspor diharapkan dapat menjadi solusi yang cepat bagi hambatan yang dihadapi oleh pelaku usaha berorientasi ekspor khususnya di wilayah Surakarta dan sekitarnya. Lokasinya akan berada di lantai 1 kantor kami di Surakarta. Sesuai dengan mandat kami, gotong royong seluruh kementerian dan lembaga ini diharapkan dapat meningkatkan nilai dan volume ekspor yang berkelanjutan di wilayah Surakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya” kata Daniel James Rompas, selaku Direktur Eksekutif LPEI, pada acara “temu wicara pemangku kepentingan di rumah ekspor” Surakarta (15/10).

Selain pemerintah, para pelaku usaha juga menyambut baik kehadiran rumah ekspor ini. Djudjuk Aryati selaku pemilik CV Cocoon Asian, dalam bidang furniture, di acara yang sama juga menyampaikan pendapatnya bahwa inisiasi ini akan mempermudah pala pelaku usaha dalam mengatasi berbagai macam hambatan ekspor, khususnya terkait masalah administrasi dan perizinan.

Supriyadi selaku direktur PT Kharisma Rotan Mandiri, juga menyampaikan hal yang serupa. Menurutnya inisiatif terbentuknya rumah ekspor memang sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha ekspor, khususnya mereka yang ada di wilayah Jawa Tengah.

Nantinya rumah ekspor, selain akan menjadi sinergi antar kementerian dan lembaga, juga akan menyediakan National Export Dashboard. Yang mana, National Export Dashboard adalah panel data terintegrasi yang menampilkan visual data, informasi, bahkan juga analisis dari kinerja ekspor nasional, serta persebaran wilayahnya, jenis komoditasnya, bahkan juga negara-negara tujuannya.

Bagikan artikel ini: