freightsight
Kamis, 25 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Latihan Militer China Diperpanjang dan Ancaman Invasi Mengurangi Perdagangan Taiwan

10 Agustus 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Militer China

Militer China via anadolu agency

'Permainan perang' China di Selat Taiwan bisa saja mempengaruhi perdagangan Korea Selatan dengan Taiwan, ungkap Asosiasi Perdagangan Internasional Korea.

Perdagangan antara Taiwan dan Korea Selatan berkembang pesat tahun ini dan ketakutan bagi eksportir di kedua negara bahwa latihan militer bisa menghambat perdagangan itu.

'Permainan perang' China di Selat Taiwan bisa saja mempengaruhi perdagangan Korea Selatan dengan Taiwan, ungkap Asosiasi Perdagangan Internasional Korea.

Korean Airlines dan Asiana Airlines membatalkan penerbangan ke Taiwan, sebuah langkah ditiru banyak maskapai dengan masalah keamanan.

Pelayaran mengalami sedikit gangguan, karena beberapa operator kapal memilih memutar untuk mencapai Selat Taiwan. HMM Korea Selatan, SM Line, Pan Ocean dan KMTC Line semuanya mengatakan mereka mengambil rute lebih panjang untuk mencapai Taiwan tanpa terganggu oleh latihan angkatan laut.

Perdagangan antara Taiwan dan Korea Selatan telah berkembang pesat pada tahun ini dan ketakutan bagi eksportir di kedua negara bahwa latihan militer bisa saja menghambat perdagangan itu.

Data yang dirilis oleh KITA pada hari Kamis menunjukkan bahwa pada H1 22, Taiwan menjadi mitra dagang terbesar keenam di Korea Selatan setelah perdagangan bilateral melonjak 28% YoY, menjadi $28,29 miliar, terhitung 4% dari perdagangan internasional Korea Selatan.

Ekspornya ke Taiwan yang naik hampir 32% YoY di H1 22, menjadi $14 miliar, sementara impor dari Taiwan meningkat 25%, menjadi $13,9 miliar.

KITA mengatakan, “Jika hubungan China-AS dan China-Taiwan terus memburuk, ekspor Korea Selatan ke Taiwan mungkin terpengaruh.”

Serangkaian latihan angkatan laut dan udara China di sekitar Selat Taiwan, menciptakan enam zona larangan terbang serta larangan berlayar, sebagai tanggapan atas kunjungan pembicara AS Nancy Pelosi ke Taiwan. China juga menganggap bahwa Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri sejak perang saudara 1949 dan mengancam menggunakan kekuatan untuk merebut kembali pulau itu.

Kunjungan Pelosi menggarisbawahi pentingnya pulau itu sebagai pembuat chip komputer yang terbesar di dunia dan baru-baru ini AS meyakinkan Taiwan Semiconductor Corp untuk membuka pabrik di Arizona untuk meringankan masalah rantai pasokan.

Sementara pengumuman awal China mengatakan bahwa latihan militer berakhir kemarin, Komando Teater Timur hari ini mengumumkan putaran baru tanpa memberikan tanggal akhir yang memicu kekhawatiran bahwa China dapat memperbaiki ancaman invasinya.