freightsight
Rabu, 8 Mei 2024

INFO INDUSTRI

Korea Selatan dan India Kini Resmi Perkuat Kerja Sama Rantai Pasokan Global

11 April 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via unsplash.com

Korea Selatan resmi berencana memperkuat kerja sama dengan India seiring dengan upaya Amerika Serikat untuk mendiversifikasi rantai pasokan global dari China.

India berbagi nilai-nilai universal seperti demokrasi yang memiliki potensi pertumbuhan yang besar, serta merupakan mitra paling penting bagi Korea Selatan.

Korea Selatan saat ini sudah resmi untuk berencana memperkuat kerja sama dengan India seiring dengan upaya yang dipimpin oleh Amerika Serikat untuk bisa mendiversifikasi rantai pasokan global yang datang dari China.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Park Jin mengatakan bahwa hal ini tentu saja akan sangat penting dilakukan terutama untuk keamanan ekonomi.

“Di era keamanan ekonomi, sangat penting untuk memperkuat rantai pasokan dan kerja sama sains dan teknologi dengan India,” tuturnya, seperti dikutip Bloomberg, Senin (10/4/2023).

Park di sini pun juga mengatakan bahwa India berbagi nilai-nilai universal seperti demokrasi yang memiliki potensi pertumbuhan yang sangat luar biasa besar, serta merupakan mitra yang paling penting bagi Korea Selatan.

“Pebisnis yang berinvestasi dan beroperasi di India harus memainkan peran penting dalam mewujudkan hal ini,” ucap Park kepada para pemimpin bisnis di Chennai, India.

Para delegasi kedua negara yaitu antara Korea Selatan dan India tentu saja kini tengah menyoroti pentingnya untuk bisa mendorong pertukaran manusia dan budaya yang lebih kuat antara kedua negara tersebut. Hal ini tentu saja sangat penting dilakukan untuk bisa meningkatkan kerja sama ekonomi.

Di samping itu, tentu saja di sini pun rupanya AS yang ada di bawah pemerintahan Joe Biden juga sedang mencari bantuan dari sekutu termasuk Korsel dalam mengurangi ketergantungan rantai pasokan global yang datang dari Negara tirai Bambu China.

Tidak hanya itu, rupanya di sini pun India diketahui juga sudah berhasil menjadi salah satu penerima manfaat dalam pergeseran rantai pasokan yang jumlahnya bisa dikatakan jauh lebih luas. Contohnya, perusahaan besar seperti Apple tentu juga ikut meningkatkan kapasitas produksi yang ada di negara tersebut.