freightsight
Rabu, 24 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Kemerosotan Kargo Tidak Menghentikan Kemajuan Pelabuhan Darat AS

26 Mei 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via unsplash.com

Otoritas Pelabuhan Georgia (GPA) bersiap untuk mendorong lebih banyak kargo dari doknya ke titik pedalaman.

Selama dua tahun terakhir pelabuhan pedalaman AS telah menjadi katup yang populer untuk membuka sumbatan pelabuhan, tetapi konsep tersebut tetap maju di perairan yang lebih tenang.

Otoritas Pelabuhan Georgia (GPA) bersiap untuk mendorong lebih banyak kargo dari doknya ke titik pedalaman, setelah memperoleh persetujuan lingkungan dari otoritas federal untuk terminal darat dekat Gainesville, Georgia. Sekarang bergerak untuk menyelesaikan perjanjian hibah dengan Administrasi Maritim sebesar $46,8 juta untuk membangun pelabuhan darat.

Menurut jadwal GPA, pekerjaan tanah akan dimulai pada bulan Juli, yang mengarah ke dimulainya konstruksi terminal Januari mendatang menuju awal operasi pada musim panas 2026. Fasilitas ini akan mampu menangani 60.000 kontainer per tahun.

“Jaringan kami yang berkembang meningkatkan kapasitas rel dan konektivitas antara pelabuhan dan lokasi manufaktur utama di seluruh negara bagian,” komentar direktur eksekutif GPA Griff Lynch.
“Memindahkan lebih banyak kargo dengan kereta api memudahkan lalu lintas antarnegara bagian dan mengurangi jejak karbon industri logistik negara bagian dengan memanfaatkan infrastruktur logistik Georgia secara paling efisien," tambahnya.

Pelabuhan pedalaman bukanlah konsep baru, tetapi dermaga yang padat dan arus kargo yang lumpuh selama dua tahun terakhir menghasilkan angin penarik yang kuat.

Pelabuhan Long Beach dan Oakland menandatangani perjanjian kerja sama strategis dengan Otoritas Pelabuhan Pedalaman Utah, tetapi importir besar juga menganut konsep tersebut.

Jaringan ritel Canadian Tire mengakuisisi 25% saham di Terminal Ashcroft, sebuah pelabuhan pedalaman sekitar 300 km dari Vancouver yang dilayani oleh kedua jalur kereta api Kelas I Kanada.

Volume yang melewati pelabuhan Savannah mencapai puncaknya pada tahun 2021 dan 2022. Pada bulan April yang lalu, throughput pelabuhan turun dari level dalam dua tahun terakhir, tetapi masih 12% lebih tinggi dari penghitungannya pada bulan April 2019.

GPA telah menjadi pengadopsi awal dan kuat pelabuhan pedalaman. Fasilitas pertama tersebut sekarang berada di tahun kelima operasi dan melaporkan peningkatan 23% dalam volume peti kemas pada bulan April untuk tahun fiskal saat ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Fasilitas lain ada di cakrawala. GPA telah memperoleh sebidang tanah seluas 200 hektar di dekat arteri rel dan dua jalan raya antar negara bagian utama untuk pelabuhan pedalaman yang direncanakan di Georgia tengah barat. Tidak ada garis waktu untuk perkembangannya saat ini.

Paul Brashier, VP drayage dan intermoda ITS Logistics, mengapresiasi inisiatif GPA, merujuk pada beberapa manfaat pelabuhan darat.

“Mereka mengurangi kemacetan dan mengurangi biaya kering,” katanya.

Untuk perusahaan yang menghasilkan uang dari drayage, ini mungkin tampak kontraproduktif, tetapi Brashier mengatakan bahwa ITS memiliki skala dan fleksibilitas untuk memanfaatkan kemungkinan yang muncul terkait dengan pelabuhan darat. Untuk satu hal, jarak yang lebih pendek memungkinkan lebih banyak belokan, katanya.

“Ini bagus untuk ekosistem secara keseluruhan. Ini akan membantu menjaga tarif rendah dan layanan tinggi," tambahnya.

Mr Lynch menekankan manfaat lingkungan. Dengan volume tahunan 60.000 boks dan rute truk pulang pergi sejauh 602 mil, fasilitas baru di Gainesville akan mengurangi sekitar 36 juta mil truk dalam setahun, karena penggunaan truk akan turun dari tujuh jam menjadi kurang dari 30 menit. Pada tahun 2054, ini akan mengurangi 1,6 miliar ton emisi CO2, katanya.

Brashier mengatakan bahwa pelabuhan di pantai timur dan Teluk lebih rentan terhadap badai daripada saingannya di pantai barat, jadi mendorong volume lebih jauh ke pedalaman harus menjadi nilai tambah lainnya.

Dia ingin melihat lebih banyak dorongan untuk pelabuhan pedalaman di AS timur laut, menunjuk ke Pennsylvania sebagai lokasi yang cocok. Untuk pantai Teluk, wilayah Dallas/Fort Worth akan menjadi pesaing yang kuat, menurutnya.

BNSF baru-baru ini mengumumkan keputusan untuk membangun layanan antar moda reguler dari Houston ke Dallas/Fort Worth dan Denver.