freightsight
Sabtu, 1 Oktober 2022

OPINI AHLI

Akibat Lonjakan Harga Logistik Ke Amerika Serikat bagi Para Eksportir

17 Desember 2021

|

Penulis :

Editor Freightsight

Ekspor logistik amerika

Cargo ship at unloading containers © Kelly L via P...

Kegiatan Ekspor dan Impor tidak hanya berkaitan dengan para pelaku bisnis. Ada banyak pihak yang menunjang akan kelancaran dari kegiatan Ekspor mau pun Impor. Semua pihak tersebut memiliki tugasnya masing-masing. Ketika salah satu pihak tidak menjalankan tugasnya dengan sangat baik, maka pihak lain akan terkena dampaknya. Itulah yang kini tengah terjadi di proses pengiriman barang melalui jalur laut.

Pengiriman barang melalui jalur laut menjadi pilihan para pelaku bisnis. Pasalnya jalur tersebut sangat membantu mereka untuk mengirim berbagai produknya ke beberapa negara. Seperti dilakukan oleh para pelaku bisnis di Indonesia. Ekspor dan Impor menjadi kegiatan yang sangat penting bagi para pebisnis di Indonesia. Terutama kegiatan Ekspor, dimana bertujuan untuk mengirim berbagai produk asli Indonesia ke beberapa negara. Salah Satunya Amerika Serikat.

Berbagai pihak yang memiliki andil dalam proses pengiriman barang ialah, para pelaku bisnis, jasa pengiriman barang. Namun ada sebuah isu yang menyebutkan bahwa harga Logistik ke Amerika Serikat mengalami kenaikkan.

Bayu Nugroho selaku ITCP Los Angeles membenarkan adanya isu tersebut. Beliau mengatakan, Harga Nilai Logistik menuju negara AS naik hingga berkali-kali lipat. Tentunya kenaikan ini menimbulkan banyak respon.

"Kelangkaan Kontainer di Indonesia, berbalik di AS. Karena Di AS terjadi penumpukan barang di beberapa pelabuhan. Peristiwa tersebut mengakibatkan menaiknya nilai Logistik ke AS. Kenaikannya tidak hanya 200/300, bahkan lebih." kata Bayu Nugroho dalam webinar virtual Andalin 2021 bertajuk Permasalahan kegiatan Ekspor ke Amerika Serikat serta Cara mengatasi kelonjakan harga dan kekurangan kapasitas kargo.

Adanya kenaikkan nilai Logistik tersebut tentunya membuat para Eksportir harua berhati-hati. Akan tetapi pihak perdagangan AS telah menghadirkan sebuah fasilitas yang sangat menguntungkan para pebisnis. Fasilitasnya bernama GSP. Kegunaan dari GSP ialah memberi jaminan kepada para Eksportir untuk bisa mengirim produknya tanpa mengkhawatirkan biaya masuk.

Bayu Nugroho juga menambahkan, dirinya beserta rekan yang mana sebagai perwakilan perdagangan Indonesia yang bertugas di AS. Memiliki tugas untuk membantu pebisnis Indonesia dalam mempromosikan produknya serta bertanggung jawab untuk membantu para Buyer US mencari Suplier Indonesia yang dapat dipercaya.

Beliau juga memberi pesan untuk para pebisnis, apabila produknya ingin sukses, maka sebelum dikirim ke AS, perbaiki Company Profile. Gunanya agar para Buyer tertarik untuk membelinya.