freightsight
Jumat, 26 April 2024

INFO INDUSTRI

Kemenperin Dukung Daya Saing Industri Nasional Agar Kian Kompetitif di Pasar Global

21 November 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

via freepik

Kemenperin berupaya untuk terus mendukung sektor industri nasional untuk meningkatkan daya saingnya sehingga siap menghadapi tantangan global dan mampu kompetitif di kancah internasional.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya untuk terus mendukung sektor industri nasional untuk meningkatkan daya saingnya sehingga siap menghadapi tantangan global dan mampu kompetitif di kancah internasional. Peningkatan daya saing industri juga menjadi salah satu isu penting yang juga dibahas dengan lebih mendalam pada Presidensi G20 Indonesia 2022, khususnya dalam Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG).

“Dari tiga fokus prioritas Presidensi G20 Indonesia, ada dua hal yang sejalan dengan upaya Kemenperin untuk mengembangkan inovasi layanan dan jasa industri yaitu tranformasi digital dan transisi energi,” kata Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Doddy Rahadi padaSabtu (19/11/2022).

Agar dapat menjaga pertumbuhan tetap positif di sektor industri, Kepala BSKJI menyebutkan, pihaknya telah menjalankan beberapa program strategis dalam rangka pencapaian sasaran pengembangan jasa industri. Di antaranya, menyusun klasifikasi aktivitas jasa industri, memetakan kontribusi jasa industri dalam PDB nasional, menyusun neraca jasa industri, serta menyusun Peraturan Menteri Perindustrian terkait Peta Panduan Pengembangan Jasa Industri.

Selain itu, meningkatkan infrastruktur pendukung Jasa Industri, meningkatkan komponen lokal dalam pemberian layanan jasa industri, penguatan peran balai-balai di lingkungan Kemenperin dalam pemberian layanan jasa industri (sertifikasi, pengujian, kalibrasi, konsultasi, rancang bangun perekayasaan industri, pendampingan), serta peningkatan kompetensi SDM jasa industri melalui Bimbingan Teknis dan Sertifikasi (penyusunan SKKNI, pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi, pembentukan Tempat Uji Kompetensi).

“Kami juga melakukan peningkatan peran jasa industri dalam rantai pasok dan perdagangan jasa internasional, serta peningkatan produktivitas dan efisiensi jasa industri dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, termasuk teknologi industri 4.0,” ucapnya.

Doddy menyebutkan, salah satu satuan kerja di bawah BSKJI Kemenperin yaitu Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Surabaya telah menerapkan inovasi layanan cerdas dalam mengakselerasi pelayanan jasa industri yang profesional, transparan, akuntabel dan terbebas dari indikasi kerugian negara.