freightsight
Jumat, 29 Maret 2024

INFO INDUSTRI

Kemenkeu Ingin Pengusaha Tingkatkan Ekspor

2 Februari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kemenkeu

Yustinus Prastowo via majalahpajak.net

• Pemerintah RI akan sangat mendukung aktivitas ekspor-impor Indonesia.

• Kementerian keuangan mengajak seluruh elemen, instansi mana pun baik di pusat maupun di daerah bersinergi,
berkolaborasi, sehingga para pelaku usah akan mendapatkan iklim bisnis yang sangat baik.

Pemerintah di Indonesia tentunya akan sangat mendukung aktivitas ekspor-impor yang ada di Indonesia. Karena sejatinya pemerintah tidak akan mempersulit pelaku usaha demi kesejahteraan bersama.

“Kalau dari sisi Kementerian Keuangan prinsipnya adalah memfasilitasi siapa pun pelaku usaha yang ikut berkontribusi pada perekonomian, apa lagi yang berorientasi pada kegiatan ekspor. Adapun paling semua tata cara serta prosedur regulasi diikuti itu prinsipnya,” ujar Staff Khusus kementerian Keuangan, Yustinus Prastowo di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (28/1/2022).

Beliau juga melanjutkan dalam hal ini memang ada peraturannya. Sepanjang secara perizinan tentu sudah sangat legal secara hukum tidak ada yang dipersoalkan lagi.

Apalagi akhir-akhir ini kegiatan ekspor-impor di Indonesia bisa mendatangkan keuntungan untuk Negeri Indonesia sendiri.
Mengingat pandemi COVID-19 membuat sistem keuangan negara menurun dengan drastis, begitu juga para masyarakat yang ikut terdampak.

Yustinus juga selaku Staff Khusus Kementerian Keuangan membeberkan bahwa beliau sangat mendukung. Apalagi ini adalah orientasi ekspor yang mendatangkan devisa. Semuanya tahu bahwa pemerintah pusat kementerian keuangan memfasilitasi yang membuat adanya kemudahan kawasan, sehingga kalau bisa kegiatan ekspor ini sebaiknya dipercepat.
Dengan demikian, tentu dapat berjalan lebih baik, kalau bisnis berjalan dengan baik, tentunya mereka pun bisa menyerap lapangan pekerjaan dan mendatangkan devisa, serta sekaligus mereka akan membantu perekonomian lokal.

Beliau juga menambahkan dari pihak kementerian keuangan mengajak seluruh element, instansi mana pun baik di pusat maupun di daerah bersinergi, berkolaborasi. Dengan demikian, para pelaku usaha akan mendapatkan iklim bisnis yang sangat baik. Dapat bekerja berusaha dengan baik, mendatangkan manfaat, karena itu yang diharapkan.

Sementara itu, supaya pengusaha meningkatkan kegiatan ekspor tentunya pemerintah memiliki target untuk terus meningkatkan kinerja ekspor. Dengan melakukan kerja sama kementerian dan lembaga diperlukan guna mendorong peningkatan ekonomi nasional khususnya ekspor. Kementerian Keuangan RI dan Kementerian Perindustrian RI juga melakukan sejumlah langkah untuk meningkatkan ekspor Indonesia.