freightsight
Sabtu, 27 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Pengusaha Harap Ada Kemudahan Dalam Urus Izin Sertifikasi Kapal

7 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pelayaran

Container Ship © PublicDomainPictures via Pixabay

• Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia kini mengalami penurunan kasus Covid-19. Hal tersebut pada nyatanya juga memberikan dampak yang bisa dibilang positif untuk produktivitas perusahaan.

• Menurut Stenvens, pemerintah perlu memberikan fasilitas kemudahan terkait sertifikasi kapal. Bukan hanya untuk mendorong jumlah angkutan, namun kemudahan izin juga akan mencegah peningkatan pada biaya logistik.

Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia kini mengalami penurunan kasus Covid-19. Hal tersebut pada nyatanya juga memberikan dampak yang bisa dibilang positif untuk produktivitas perusahaan. Produksi industri yang ada pada sektor konsumsi dasar, dan kimia, serta pertanian tercatat terus tumbuh sejalan dengan pulihnya perekonomian, Kenaikan produktivitas tersebut pada akhirnya memicu pengiriman barang dengan menggunakan kapal.

Berdasarkan catatan yang dimiliki oleh Indonesia Shipowners Association (INSA) Surabaya, sebelumnya industri sempat mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Bahkan, penurunan yang terjadi, sampai mencapai 10 persen. Banyaknya pengurangan pesanan pasar membuat para pengusaha sembat cukup khawatir.

Stenvens Handry Lesawengen selaku Ketua Insa Surabaya mengatakan, seiring dengan berkurangnya kasus Covid-19, maka peningkatan juga terjadi pada industri pelayaran. Beberapa pelabuhan yang sebelumnya sempat mengalami lockdown, kini telah dibuka kembali.

“Kami mencatat ada kenaikan 3 persen dibanding tahun 2020 atau saat awal pandemi,” kata Stenvens.

Kemudian, dia juga menyampaikan tentang keyakinannya, bahwa sektor pelayaran juga akan terjadi pada awal tahun depan. Akan tetapi, hal tersebut juga bisa belum diprediksi secara pasti berapa besar kenaikannya.

“Persebaran Omicron bisa dikendalikan, kami optimistis usaha pelayaran akan terus tumbuh,” tambah Stenvens.

Menurutnya, adanya kenaikan barang, tentunya tidak lepas dari produktivitas pabrik yang juga meningkat. Tidak bisa dipungkiri bahwa pihak produksi juga terus berupaya untuk melakukan ekspansi agar bisa menutup pendapatan.

Kata Stenvens, pada saat ini sebagian besar peningkatan terjadi pada pelayaran domestik. Pada nyatanya, memang terjadi kenaikan pada pengiriman barang antar pulau yang terbilang cukup signifikan. Peningkatan yang terjadi pada sektor logistik tidak lepas dari inovasi yang dilakukan oleh perusahaan pelayaran.

Saat ini ada beberapa hal yang dikeluhkan oleh para pengusaha pelayaran, hal tersebut bukan hanya tentang peningkatan infrastruktur pada semua pelabuhan dalam negeri, namun juga masalah sertifikasi.

Menurut Stenvens, pemerintah perlu memberikan fasilitas kemudahan terkait sertifikasi kapal. Bukan hanya untuk mendorong jumlah angkutan, namun kemudahan izin juga akan mencegah peningkatan pada biaya logistik.