freightsight
Rabu, 17 April 2024

PELABUHAN

Kemenhub Ingin Pengelolaan Bongkar Muat Pelabuhan Makin Efisien demi Menekan Biaya Logistik

29 Oktober 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

trade port

trade-port-via.freepik.com.jpg

• Kemenhub meminta para pelaku usaha bongkar muat di pelabuhan mengelola usahanya untuk tekan biaya logistik nasional.

• Menhub meminta APBMI sebagai wadah untuk pelaku usaha bongkar muat mendorong anggotanya menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan di era revolusi industri.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta para pelaku usaha bongkar muat yang ada di pelabuhan mengelola usahanya untuk tekan biaya logistik nasional. Hal ini disampaikannya saat membuka Rakernas Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Tahun 2022 daring, Kamis (27/10/2022).

"Proses bongkar muat di pelabuhan menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kinerja sebuah pelabuhan. Semakin lama proses bongkar muat maka mempengaruhi turn round time kapal yang membuat operasional kapal semakin tinggi," ujar Menhub dalam keterangannya, Kamis (27/10/2022).

Menhub juga meminta kepada APBMI sebagai wadah untuk para pelaku usaha bongkar muat untuk mendorong anggotanya menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan di era revolusi industri supaya kualitas pelayanan diberikan semakin meningkat. Mengingat, pelabuhan menjadi salah satu sektor mampu mendongkrak daya saing juga mendorong tumbuhnya perekonomian.

"Sejumlah upaya yang perlu dilakukan agar pelayanan semakin efektif dan efisien diantaranya yaitu: melakukan pembenahan dan penambahan infrastruktur, menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan pemanfaatan sistem informasi digital," ucap Menhub.

Kemenhub juga punya regulasi terkait penyelenggaraan usaha jasa angkutan perairan, termasuk usaha bongkar muat barang yang ada di Pelabuhan, yaitu melalui Peraturan Menteri Perhubungan PM 59 Tahun 2021. Salah satu diatur tentang SDM yaitu tenaga kerja bongkar muat harus punya kompetensi di bidang bongkar muat dibuktikan dengan sertifikat kompetensi bongkar muat.

Pada kesempatan ini, Menhub mengapresiasi inisiasi APBMI yang menggelar rakernas diharapkan menjadi ajang diskusi untuk membahas dan mencari solusi bersama dalam memajukan usaha bongkar muat pelabuhan di Indonesia.

Rakernas APBMI kali ini adalah pertemuan ke-8 berlangsung di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada 27-28 Oktober 2022. Rakernas mengusung tema “Sinergitas APBMI dengan BUP, Tersus, TUKS demi Meningkatkan Produktivitas Bongkar Muat Pelabuhan.