freightsight
Jumat, 26 April 2024

PELABUHAN

Kemendagri Kawal Pembangunan Lanjutan Untuk Pelabuhan Tanjung Adikarto

24 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kemendagri

Dok: Kemendagri

• Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, melakukan peninjauan secara langsung pada kondisi Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto di Kulon Progo.

• Sedangkan Armansyah Gatot Subroto menyampaikan bahwa pembangunan pelabuhan akan memberikan banyak dampak positif untuk kehidupan masyarakat sekitar.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, melakukan peninjauan secara langsung pada kondisi Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mendapatkan berbagai informasi tentang berbagai kendala yang dihadapi sehingga menyebabkan pelabuhan tersebut sampai kurang berkembang.

Tinajuan yang dilakukan tersebut secara langsung dipimpin oleh Iwan Kurniawan selaku Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah (SUPD) II yang ditugaskan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Bangda Sugeng Hariyono. Dalam kunjungan itu, Iwan disambut oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Bayu Mukti Sasongka dan Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo Armansyah Gatot Subroto.

Kegiatan yang dilakukan dalam kunjungan tersebut antara lain membahas tentang berbagai kendala yang membuat pelabuhan sampai belum beroperasi secara maksimal. Kemudian, dalam kesempatan tersebut juga dibahas tentang kondisi infrastruktur, dukungan dari berbagai stakeholder, serta potensi-potensi yang bisa dihasilkan oleh pelabuhan. Selain itu, dalam dialog tersebut turut hadir pula beberapa pelayan yang ikut memberikan masukan.

Kemudian, Iwan juga menjelaskan kedatangan di DIY adalah untuk melakukan inventarisasi berbagai masalah di daerah tersebut. Lalu, sebagaimana diketahui pula bahwa beberapa hari sebelumnya, Ditjen Bina Bangda juga melakukan kunjungan ke Jawa Tengah dengan agenda yang sama.

Berbagai masalah yang telah diketahui, nantinya akan dibahas lebih lanjut dalam Rapat Koordinasi Teknis dan Perencanaan Pembangunan, bersama dengan masing-masing pemerintah daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan kementerian lain, pada bulan Februari nanti.

Forum itu akan membahas program strategis pembangunan Tanjung Adikarto agar kementerian/lembaga memberi perhatian terhadap agenda tersebut. “Akan kami kawal di Rakortekrenbang supaya ada angka, ada kegiatan, ada anggaran yang diturunkan oleh K/L (kementerian dan lembaga) untuk menindaklanjuti pertemuan ini,” ujar Iwan.

Sedangkan di sisi lain, Bayu Mukti Sasongka menyampaikan, pihaknya sangat berharap Kementerian Dalam Negeri bisa melakukan koordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait lain untuk bersama-sama mendukung penyelesaian program pembangunan anjung Adikarto.

Sedangkan Armansyah Gatot Subroto menyampaikan bahwa pembangunan pelabuhan akan memberikan banyak dampak positif untuk kehidupan masyarakat sekitar. Bukan hanya dari sektor kelautan dan perikanan, namun keberadaan infrastruktur juga akan memberikan dampak pada sektor lain seperti pariwisata.

“Multiplier effect-nya akan banyak dengan pelabuhan ini, jadi kita sangat menunggu-nunggu pelabuhan ini bisa segera beroperasi,” katanya.