freightsight
Kamis, 28 Maret 2024

EKSPOR

Kadin Papua Fasilitasi UMKM Ekspor Produk Hingga ke Pasar Amerika

17 Mei 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

UMKM

Kadin Papua via Antara Foto

Kadin Papua akan memfasilitasi pelaku UMKM dari Papua supaya produk-produknya bisa masuk ke dalam pasar Amerika Serikat.

Ada beberapa strategi disiapkan bagi UMKN biasanya kedutaan besar Indonesia ada di Amerika menyiapkan gudang bergerak di penjualan online bernama Amazon.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Papua akan memfasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) dari Papua supaya produk-produknya bisa masuk ke dalam pasar Amerika Serikat.

Ronald Antonio selaku Ketua Kadin Papua di Jayapura pada Jumat juga telah mengatakan bahwa peluang ini akan menjadi salah satu delegasi yang sangat penting saat menghadiri BloombergNEF (BNEF) Net Zero Summit.

Beliau juga mengatakan bahwa pihaknya memberi saran supaya para pelaku usaha untuk mengurus semua perizinan seperti kehalalan produk tersebut beserta BPOM.

Dengan demikian, tentu saja pihaknya bisa juga untuk memfasilitasi untuk dapat mengurus izin selanjutnya di Amerika yang akan dibantu oleh duta besar Indonesia yang ada di Amerika.

Ronald juga mengatakan bahwa ada beberapa strategi yang memang telah disiapkan bagi UMKN lokal di mana biasanya kedutaan besar Indonesia yang ada di Amerika sudah menyiapkan gudang yang bergerak di penjualan online yang terbesar di Amerika bernama Amazon.

Beliau juga mengatakan bahwa Amazon merupakan salah satu pusat jual beli online terbesar yang ada di Amerika sehingga pihaknya juga menawarkan produk dari Indonesia yang harus didaftarkan melalui Kadin Indonesia dan pihaknya juga akan bersama dengan daerah lain.

Beliau juga menjelaskan bahwa kondisi UMKM di Papua ini rupanya memang sedikit berbeda yang mana saat barang sudah keluar tentu saja proses pembayaran harus segera secepatnya dilakukan.

Beliau juga menambahkan lagi bahwa pihaknya akan melakukan bagaimana pun caranya saat barang keluar dari Papua tentu saja harus dibayar. Itu pun jika sedang didiskusikan bersama Kadin Indonesia bagaimana caranya supaya dapat segera membayar produk yang nantinya akan diekspor.

Beliau juga menambahkan lagi bahwa jika memang hal ini dapat terealisasi, tentu saja ini akan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi para pelaku UMKM yang ada di Papua.