freightsight
Minggu, 4 Desember 2022

INFO INDUSTRI

KADIN Jabar Dorong Harmonisasi Kebijakan & Program Genjot UMKM Ekspor

12 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Logistik ekspor UMKM

Young man working at a warehouse © senivpetro via ...

• Cucu Sutara selaku Ketua KADIN Jawa Barat, mengatakan agar terciptanya harmonisasi kebijakan dan program antar stake holder untuk membangkitkan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah.

• Di sisi lain, Muhammad Iqbal selaku Direktur Bisnis UMKM BNI, menyampaikan bahwa Xpora BNI ingin melakukan kolaborasi dengan menjadi salah satu rekan perjalanan untuk UMKM.

Cucu Sutara selaku Ketua KADIN Jawa Barat, mengatakan agar terciptanya harmonisasi kebijakan dan program antar stake holder untuk membangkitkan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah. Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi penyelesai masalah yang kerap ditemui oleh para pengusaha terkait ekspor.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini UMKM memiliki peran yang cukup penting untuk memulihkan ekonomi, yakni dengan bantuan ekspor. Meskipun demikian, masih ada banyak UMKM yang belum mengetahui bagaimana proses ekspor, sehingga perlu dilakukan sosialisasi yang terkoneksi.

"Persoalan UMKM saat ini menurut saya klasik terus, padahal kita tau akar persoalannya, perlu adanya sinkronisasi dan harmonisasi programnya, jangan sampai mereka tidak terintegrasi," ujarnya dalam Webinar UMKM Jawa Barat, Rabu (29/12/21).

Karena itu, ia menjelaskan bahwa harmonisasi itu memiliki keterkaitan dengan 3 hal yang penting. Yakni kebijakan, pendampingan, dan juga sumber daya manusia. Dia berharap harmonisasi kebijakan, sinergi, dan kolaborasi nantinya akan bisa menghasilkan output yang baik.

"Pertama, tentu harmonisasi kebijakan dalam rangka meningkatkan produk UMKM, bagaimana produk tersebut bisa diterima oleh pasar. Kedua, bimbingan teknis baik sisi pemasaran, manajemen, itu penting. Ketiga, peningkatan sumber daya manusia, dari sisi merek punya produktivitas yang tinggi," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya memberikan sambutan baik terhadap program BNI Xpora yang bisa menjadi solusi digital untuk menciptakan kapasitas bisnis UMKM. Ia menilai program ini memang sejalan dengan KADIN Jabar yang ingin UMUM daerah bisa menuju pasar global.

"Saya sambut baik Xpora pada hari ini, dan kita harus berkolaborasi dan bersinergi untuk mengharmonisasikan program-program untuk UMKM yang bisa go global, go internasional. Artinya kadin sendiri pun punya tanggung jawab di sini agar potensi2 strategis yang ada di jabar bisa dimanfaatkan besar oleh UMKM," jelasnya.

Di sisi lain, Muhammad Iqbal selaku Direktur Bisnis UMKM BNI, menyampaikan bahwa Xpora BNI ingin melakukan kolaborasi dengan menjadi salah satu rekan perjalanan untuk UMKM. Pihaknya tahu bahwa produk UMKM memiliki banyak keistimewaan dari segi kualitas.