freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

Kadin Medan dan Disperindag Upayakan Peningkatan Ekonomi Daerah

2 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Koin menumpuk membentuk grafik kenaikan

Finance Business Element © Freepik via Freepik

Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan menggandeng Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Medan, untuk sama-sama bersinergi melakukan upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah yang saat ini memang sedang dihantam masalah pandemi Covid-19.

Pemberdayaan koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah/Industri Kecil Menengah), dengan mengupayakan para pelaku UMKM/IKM jadi memiliki status atas usaha mereka, adalah salah satu upaya yang dilakukan dalam sinergi ini.

Kesepakatan antar dua instansi ini, dicapai saat Ketua Kamar Kadin Indonesia, Arman Chandra beserta staffnya, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Dinas Perindustrian Kota Medan, pada Kamis (21/10/2021).

"Kita sepakat Kadin Medan bahwa membangun ekonomi Medan, dengan pemdekatan pelaku usaha untuk memilik izin baik BPOM dan izin halal untuk makanan dan minuman. Membantu mendaftar ke OSS berbasis resiko hingga mencari pasar lokal dan pasar internasional. Saat ini, itu yang menjadi sasaran kita kedepan," tutut Kepala Dinas Perindustrian Perlindungan Nasution.

Sinergisitas ini, juga mendapatkan apresiasi dari Kadia Perdagangan Dammikrot. Pasalnya, sinergisitas ini telah menghasilkan sesuatu yang tidak jauh berbeda, atau bahkan sejalan dengan visi misi yang dimiliki oleh pihak Walikota Medan. Apalagi, sebagaimana diketahui bahwa saat ini, Kamar Dagan Medan jajarannya diisi oleh kaum milenial.

"Dan kita sangat yakin kaun milenial yang ada saat ini di Kadin Medan, dapat membantu meningkatkan serta menumbuhkan perekonomian Medan kedepan"

Disisi lain, Ferry Dika W.E selaku Wakil Ketua Kadin Medan bidang Pariwisata, juga menyampaikan keinginannya yang sejalan, untuk bisa meningkatkan ekonomi dengan menggunakan metode pemberdayaan UMKM ataupun IKM yang saat ini ada.

Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah dengan mengadakan pelatihan untuk masyarakat dibidang kewirausahaan dengan tujuan terciptanya tenaga kerja. Dengan demikian, angka pengangguran akan bisa ditekan.

"Makanya Kadin dengan Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan segera membentuk tim kerja untuk melaksanakan apa yang sudah disepakati ini. Dan akan dimuat dalam sebuah perjanjian kerja atau penandatanganan memorandum of understanding" kata Ferry Dika.