freightsight
Jumat, 29 Maret 2024

PENGIRIMAN DARAT

Ini Progres Jalan Tol Cisumdawu Ditargetkan Rampung Akhir tahun 2022 ini

16 Agustus 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Tol Cisumdawu

Tol Cisumdawu via gridoto.com

Penyelesaian konstruksi Jalan Tol Cisumdawu Seksi 2-6 ini sudah ditargetkan rampung menjelang akhir tahun 2022 ini.

Koneksi antara Junction Dawuan dengan Jalan Tol Cipali sudah berhasil mencapai progres 98,33 persen.

Penyelesaian konstruksi Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu Seksi 2-6 ini sudah ditargetkan rampung menjelang akhir tahun 2022 ini.

Berdasarkan dari laporan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pembangunan Jalan Tol Cisumdawu yang terdiri dari 6 seksi ini telah menelan biaya konstruksi sebesar Rp5,5 triliun.

Pembangunan Seksi 1 yaitu yang ada di Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km sudah selesai dan beroperasi 100 persen.

Di samping itu, Seksi 2 yaitu Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km masih dalam konstruksi dengan progres yang mencapai 97,94 persen. Keduanya adalah pembangunan dikerjakan oleh pemerintah dan konstruksinya segera selesai di akhir tahun 2022 ini.

Di samping itu, Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) adalah PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT). Seksi 3 Sumedang-Cimalaka yang sepanjang 4,05 km sudah rampung 100 persen konstruksinya, sedangkan Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,2 km sudah berprogres sampai 36,69 persen.

Untuk konstruksi pada Seksi 5 A&B Legok-Ujung Jaya sepanjang 14,9 km juga sudah mencapai 42,63 persen dan 61,24 persen. Lalu, Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan sudah mencapai progres konstruksi hingga 99,77 persen.

Koneksi antara Junction Dawuan dengan Jalan Tol Cipali sudah mencapai progres 98,33 persen. Pemerintah dan perusahaan soal mendorong penyelesaian dengan menambahkan sejumlah pekerja lapangan dan mengoptimalkan alat berat demi mempercepat konstruksi.

Sebagai informasi, Jalan Tol Cisumdawu juga punya topografi wilayah beraneka ragam sehingga cukup rumit seperti dataran rendah, perbukitan dan pegunungan sehingga memang sulit untuk dituntaskan.

Jadi, tidak heran jika Jalan Tol Cisumdawu disebut jalan tol terindah di Indonesia dengan pemandangan mempesona. Ini karena jalan tol tersebut dikelilingi oleh 3 gunung yang indah di antaranya yaitu Gunung Tampomas, Manglayang dan Patuha.

Dengan hadirnya jalan tol ini, tentu saja akan bisa menjadi salah satu infrastruktur penting yang akan bisa menjadi konektivitas demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat dan juga untuk bisa membuka peluang usaha baru yang ada di Jawa Barat.

Terlebih lagi, bahwa Jalan Tol Cisumdawu ini telah diproyeksi dapat memangkas waktu dan jarak tempuh antar wilayah terkoneksi, sehingga distribusi barang dan jasa pun tentu saja akan semakin hemat operasional bahan bakar kendaraan.

Bukan hanya itu, karena dengan menikmati berbagai kemudahan didukung pemandangan yang sangat indah, Jalan Tol Cisumdawu tentu saja juga akan bisa menawarkan akses pendukung untuk menuju tempat wisata yang ada di sekitar Sumedang.