freightsight
Rabu, 28 September 2022

INFO INDUSTRI

Indonesia Bangun Pusat Promosi di Dubai, Demi Genjot Nilai Ekspor di Arab

1 November 2021

|

Penulis :

Editor Freightsight

matahari terbenam dari pencakar langit di Dubai

Skyline City Panorama © Nathan John via Unsplash

Untuk bisa meningkatkan ekspor Indonesia ke Arab Saudi dan Timur Tengah, Indonesia memutuskan untuk membuat pusat promosi di Dubai. Kini pihak Kementrian Perdagangan juga sudah meresmikan kantor Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) di Dubai.

Sebenarnya, sebelum ini kantor Indonesia Trade Promotion memang sudah ada di Dubai, yakni di Masraf Tower, Office 403, Baniyas Road. Namun, demi peningkatan yang diinginkan, akhirnya Indonesia memutuskan untuk memindahkan kantor ke Port Seaed, Deira. Yang mana, tempat ini memang merupakan salah satu lokasi bisnis area di Dubai. Kementrian Perdagangan meyakini bahwa pemindahan ini bisa menjadi sebuah strategi yang mampu mengoptimalkan promosi produk-produk Indonesia ke Uni Emirat Arab serta wilayah Timur Tengah lainnya, terutama di tengah masa pandemi Covid seperti saat ini.

"Hal ini juga bertujuan agar meningkatkan ekspor Indonesia ke UEA dan Timur Tengah, terutama di masa pandemi Covid" jelas Menteri Perdagangan, Lutfi, pada keterangan resmi yang ia lakukan, Minggu, (3/10/2021)

Di tutur oleh Lutfi, bahwa lokasi kantor baru ITPC Dubai, kini berdekatan dengan kantor beberapa lembaga pemerintahan yang merupakan mitra dari ITPC itu sendiri. Beberapa kantor mitra tersebut adalah, Dubai Economic Development (DED) dan Emirates Authority for Standarization and Metrology (ESM)

Betapa strategisnya lokasi ITPC juga ditandai dengan, hadirnya berbagai macam kantor, pusat perbelanjaan, hotel bintang 5, juga Bandara International Dubai, di sekitar kantor ITPC. Buka hanya itu, ITPC juga diketahui memiliki lokasi yang berdekatan dengan Clock Tower, salah satu ikon Daubai yang tersohor. Kini, akses menuju ITP Dubai juga terbilang mudah, karena berdekatan dengan stasiun kereta metro dan terminal bus.

Dari penuturan Menteri Perdagangan, diketahui bahwa ITPC memang memilki peran yang sangat penting untuk mendukung majunya pelaku usaha indonesia, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah. Karena itu, di kantor baru ITPC sudah dibuat sebuah area khusus untuk melakukan pamer/unjuk produk unggulan Indonesia, terutama berbagai produk UMKM yang memang memiliki potensi pasar di Uni Emirat Arab.

"Yang paling penting adalah bagaimana promosi produk Indonesia bisa ditingkatkan, dan menghasilkan peningkatan ekspor" tambah Lutfi, Menteri Perdagangan.