freightsight
Rabu, 21 Februari 2024

TEKNOLOGI

Hidupkan Ekonomi Digital, BNI Gandeng TradeBeyond Jual Produk UMKM ke Pasar Global

23 Februari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

BNI

Gedung BNI via bni.co.id

• BNI melebarkan sayap bisnis internasional dengan menggandeng salah satu platform e-commerce terbesar di Hongkong, TradeBeyond Limited untuk pasarkan produk UMKM ke pasar global.

• Melalui kerjasama dengan BNI cabang Hong Kong, diharapkan dapat mendorong para pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produknya hingga ke pasar global.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) melebarkan sayap ekspansi bisnis internasional dengan menggandeng salah satu platform digital e-commerce terbesar di Hongkong, TradeBeyond Limited.

Kinerja bisnis ini diharapkan dapat menjadi momentum peningkatan ekspor mengingat platform TradeBeyond Limited menampilkan produk dari seluruh dunia serta menghubungkan penjual dan pembeli lintas negara.

Nota perjanjian kesepakatan diteken oleh General Manager BNI Hongkong Endah Tjahyani bersama Direktur Keuangan dan Personalia TradeBeyond Limited, Amy Lam dalam acara webinar Diaspora Trade Talk Series – BNI Hongkong yang disiarkan online.

Kegiatan tersebut turut disaksikan langsung oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hongkong Ricky Suhendar dan seluruh peserta webinar dari sejumlah institusi dan komunitas yang berasal dari negara Hongkong, China, Macao, dan Taiwan.

Direktur Treasury dan Internasional BNI, Henry Panjaitan mengatakan perseroan akan terus berupaya proaktif untuk terus meningkatkan kinerja bisnis global. Bisnis global memiliki potensi yang sangat besar bagi pelaku usaha korporasi dan UMKM untuk meningkatkan akselerasi bisnis.

"Kerja sama ini merupakan salah satu wujud komitmen BNI terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia, khususnya mendorong UMKM lokal dikenal pasar mancanegara. Yaitu dengan memanfaatkan platform digital e-commerce untuk memasarkan produk sekaligus mempertemukan penjual dan pembeli di luar negeri," dalam keterangannya pada Selasa (22/2/2022).

Henry menuturkan, melalui pemanfaatan platform marketplace digital ini diharapkan dapat mendorong ekspor dari Indonesia untuk kategori seni hias dan kerajinan, seperti dekorasi dan perabotan rumah, peralatan rumah tangga, dan kategori lain seperti hadiah, permainan, hingga peralatan medis. Nantinya, produk manufaktur lokal ini akan dihubungkan langsung ke distributor dan buyer luar negeri melalui portal dan aplikasi TradeBeyond.

Pada kesempatan yang sama, BNI juga menyelenggarakan webinar Diaspora Trade Talk Series – BNI Hong Kong yang menghadirkan pembicara mumpuni di Hong Kong. Seperti Hongkong Trade Development Council (HKTDC) dan Indonesia Chambers of Commerce di Hong Kong (INACHAMHK) yang bertajuk isu terkini terkait potensi trade negara-negara ASEAN khususnya Indonesia yang berperan penting dalam trade Asia dan dunia serta perkembangan trade di sistem digital.

Lebih lanjut lagi, Endah Tjahyani menuturkan TradeBeyond merupakan platform B2B yang mempertemukan pembeli/importir (retail) dengana seller/eksportir (supplier) dari seluruh dunia. Saat ini tercatat sudah ada 70 jenis produk UMKM Indonesia dari 50 UMKM BNI Xpora yang telah melancarkan promosinya menggunakan TradeBeyond.

Langkah ini bukan hanya mempertemukan buyer dan seller dalam suatu ekosistem digital, tetapi juga membekali UMKM terpilih dengan kemampuan dan pengetahuan terkait digital marketing agar dapat bersaing dengan pasar internasional.

“Melalui kerjasama dengan BNI cabang Hong Kong, diharapkan dapat mendorong para pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produknya hingga ke pasar global. BNI cabang Hong Kong akan terus memfasilitasi Indonesia dengan related business di Hong Kong serta menyediakan layanan internasional terbaik untuk mendukung kebutuhan mitra bisnis global,” tukasnya.