freightsight
Jumat, 29 Maret 2024

INFO INDUSTRI

Gelaran Hannover Messe 2023 Jadikan Indonesia Bagian dari Rantai Pasok Global

28 Maret 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via gettyimage.com

Gelaran Hannover Messe 2023 akan menjadikan Indonesia sebagai bagian dari global supply chain (rantai pasok global), khususnya dalam industri Electric Vehicle/EV (kendaraan listrik).

Gelaran Hannover Messe 2023 akan menjadikan Indonesia sebagai bagian dari global supply chain (rantai pasok global), khususnya dalam industri Electric Vehicle/EV (kendaraan listrik).

Gelaran yang akan berlangsung pada 17-21 April 2023 di Hannover, Jerman ini juga akan menjadi ajang untuk membangun ruang kerja sama antara Indonesia dengan para pemilik teknologi di dunia.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Nurul Ichwan, mengatakan setelah dua tahun pandemi, banyak perusahaan Eropa yang tertarik dengan Indonesia karena melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tetap baik. Selain itu sumber daya alam yang dimiliki Indonesia juga menjadi daya tarik sendiri bagi investor Eropa.

Kemudian, lanjut Nurul, upaya untuk berkolaborasi dengan Indonesia itu terbilang kental. Sehingga sejauh ini sudah ada lebih dari 30 perusahaan dari Eropa yang sudah mendekati Indonesia untuk berkolaborasi memanfaatkan teknologi mereka dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Indonesia.

"Umumnya banyaknya di sektor otomotif. Kita tahu bahwa upaya ke depan itu bahwa teknologi yang akan berkembang adalah mobil-mobil listrik dan berkaitan dengan mobil listrik itu Indonesia adalah salah satu negara dengan potensi nikel yang terbesar di dunia. Jadi dunia tidak bisa bergerak tanpa Indonesia," kata Nurul dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengusung tema "Industri Masa Depan Berwawasan Lingkungan Hannover Messe 2023" di Jakarta pada Senin (27/3/2023).

Nurul menegaskan, dalam konteks itu, Hannover Messe tentunya ingin Indonesia menjadi bagian dari global supply chain untuk kendaraan listrik sehingga diharapkan bahwa untuk EV Baterai, Indonesia menjadi salah satu pusat atau pemilik hak dari industrinya.

Menurut Nurul berbagai macam bidang investasi akan ditawarkan Indonesia dalam Hannover Messe dan pada dasarnya cukup terbuka. Melalui Hannover Messe 2023, Indonesia akan kembali menampilkan sejumlah teknologi industri 4.0 dan peluang investasi sektor industri.

Dengan mengusung logo layar Pinisi dan tagline "Infinite Journey", Hannover Messe 2023 diharapkan dapat menginspirasi dan mendorong peserta untuk merangkul peluang tak terbatas.

Indonesia akan menghadirkan Zona National Pavilion yang akan menghadirkan 157 co-exhibitors Indonesia, dengan subtema Engineered Parts and Solutions, Future Hub, Sustainability and Energy Transition, Global Business and Markets, Compressed Air and Vacuum, Digital Ecosystems, Drive Technology and Automation, serta Motion and Drives.