freightsight
Sabtu, 20 April 2024

PELABUHAN

Erick Thohir: Merger Pelindo Adalah Cara Tepat Tekan Ongkos Logistik

9 Maret 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via kerjha

Pelindo yang dilaksanakan 1 Oktober 2021 merupakan program transformasi dilaksanakan Kementerian BUMN.

Fokus utama Pelindo pasca merger adalah transformasi operasional melalui standardisasi dan sistemisasi pelabuhan ditunjang peningkatan kapabilitas SDM.

Pelindo yang telah dilaksanakan pada 1 Oktober 2021 merupakan program transformasi yang dilaksanakan oleh Kementerian BUMN. Penggabungan atau merger BUMN Kepelabuhanan merupakan langkah penting dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi kepelabuhanan nasional.

“Pada saat pertama saya memasuki Kementerian BUMN, agenda nyata yang pertama terpikirkan oleh saya adalah mentransformasi BUMN, agar mampu melampaui kriteria-kriteria korporatif yang baku. Tetapi transformasi harus dilakukan dengan cepat dan tepat, namun tetap dalam kerangka konstitusi,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam Orasi Ilmiah berjudul “Eternitas Transformasi BUMN” pada saat Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas Brawijaya dalam rangka Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan dalam Bidang Manajemen Strategi kepada Erick Thohir.

Salah satu fokus utama Pelindo pasca merger adalah transformasi operasional melalui standardisasi dan sistemisasi pelabuhan ditunjang peningkatan kapabilitas SDM serta transformasi proses bisnis. Hasil transformasi terlihat satu tahun merger berjalan dengan adanya peningkatan kinerja dan produktivitas di sejumlah pelabuhan.

Peningkatan produktivitas bongkar muat diukur dengan parameter boks per kapal per jam (BSH) dan pengurangan port stay atau waktu sandar kapal di pelabuhan diukur dengan jumlah hari.

“Makin pendeknya waktu sandar dan waktu bongkar muat membuat biaya operasional makin efisien, dan diharapkan trafik kapal dapat meningkat. Bagi pelanggan, baik shipping line maupun cargo owner, dapat memetik manfaat berupa efisiensi biaya dan business opportunity yang lebih besar,” ujar Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono.

Sebagai contoh di TPK Belawan, jumlah bongkar muat naik lebih dari dua kali lipat dari 20 boks per kapal per jam hingga 45 boks per kapal per jam dalam kondisi optimum. Kecepatan bongkar muat membuat waktu sandar kapal berkurang setengahnya, dari dua hari menjadi satu hari. Peningkatan kinerja terjadi di TPK Makassar dan Terminal Makassar New Port, di mana waktu sandar berkurang dari dua menjadi satu hari. Peningkatan kinerja terbaik ada di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Ambon, dimana kecepatan bongkar muat naik hampir tiga kali lipat, dari 12 boks per kapal per jam menjadi 35 boks. Dampaknya, jumlah waktu sandar kapal terpangkas dari tiga hari menjadi dua bahkan satu hari.

Pelindo melakukan pengembangan fasilitas dan prasarana pelabuhan sebagai dukungan integrasi logistik. Salah satunya pengembangan Terminal Kijing di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, dilengkapi fasilitas pendukung menunjang kegiatan perindustrian dan logistik. Terminal yang diresmikan pada Agustus 2022 ini diharapkan menjadi sebuah kawasan logistik terintegrasi meningkatkan efisiensi rantai pasok produk-produk Kalimantan Barat, seperti CPO dan Bauksit.

Contoh lainnya, Pelindo melakukan pembangunan JTCC direncanakan beroperasi April 2023. Pembangunan JTCC merupakan bagian upaya memperkuat konektivitas dengan hinterland yang akan mempercepat mobilitas logistik dari Kawasan industri timur Jakarta menuju Tanjung Priok dan sebaliknya.

Erick menambahkan, strategi eternitas transformasi BUMN harus menjadikan BUMN pelaku bisnis berkelas dunia memiliki penguasaan, jangkauan bisnis dan pengelolaan melampaui batas-batas negara.

Untuk mendukung gagasan tersebut, Pelindo menyusun roadmap 2021-2025, dimana tahun 2023-2024 merupakan fase Business Expansion & Partnerships. Dalam fase ini, terdapat program ekspansi bisnis seperti Strategic Partnership, kolaborasi dengan pelayaran domestik dan global untuk peningkatan konektivitas laut, serta pengembangan konektivitas dan ekosistem logistik melalui kerja sama dengan pelaku industri logistik darat.