freightsight
Jumat, 1 Maret 2024

TEKNOLOGI

Bisa Ekspor Hanya 'Sekali Klik', UMKM Bisa Menjadi Jagoan di Negeri Orang!

21 Juni 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

UMKM

Ilustrasi UMKM via beritasatu.com

Pemerintah rupanya kini terus mendorong kegiatan ekspor sebagai salah satu cara untuk bisa menggerakkan perekonomian.

LPEI di sini juga ikut memperkenalkan salah satu kegiatan Jasa Konsultasi yaitu adalah program Marketing Handholding untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) mitra binaan LPEI.

Pemerintah rupanya kini terus mendorong kegiatan ekspor sebagai salah satu cara untuk bisa menggerakkan perekonomian. Dengan demikian, tentu saja harus dibangun ekosistem yang berbasis digital dan juga memperkuat infrastruktur internal lembaga pendukung ekspor.

Seperti Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank yang di dalamnya memanfaatkan teknologi dan informasi berbasis digital melalui platform National Export Dashboard (NED).

Selain menampilkan NED, LPEI di sini juga ikut memperkenalkan salah satu kegiatan Jasa Konsultasi yaitu adalah program Marketing Handholding untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) mitra binaan LPEI.

NED adalah salah satu platform digital LPEI berupa pusat informasi yang sifatnya web-based yang menyediakan Industry Reports and Forecasts, Trade Data and Analysis, Market Info, Country Info, Trade Balance, Country Risk, Export Commodity, Country Economic Forecasts, serta Trending Issues.

Direktur Pelaksana Bidang Hubungan Kelembagaan LPEI, Chesna F. Anwar menyampaikan, melalui platform ini, pelaku ekspor dapat mengetahui kondisi dan tren ekspor nasional secara real time dengan berbagai indikator.

"Sebagai contoh, eksportir dapat menentukan negara tujuan ekspor berdasarkan komoditi atau produk yang dimiliki," ungkap Chesna dalam keterangan tertulis pada hari Jumat (17/6/2022).

Di sini pun beliau juga mengungkapkan bahwa Program Marketing Handholding adalah program pendampingan yang memang dilakukan secara intensif oleh LPEI sepanjang satu tahun.

Program ini juga bertujuan supaya mitra binaan bisa ikut serta memasarkan produknya ke luar negeri menggunakan platform berbasis digital dan juga bisa membukakan akses pasar baru untuk mereka.

"Melalui pertemuan ini diharapkan LPEI dapat mendukung dan berpartisipasi aktif dalam ekosistem Industri 4.0 dengan memperkuat dan membangun kerja sama yang melibatkan antar institusi dengan pelaku bisnis, baik dari dalam maupun luar negeri," jelas dia.