freightsight
Jumat, 26 April 2024

PENGIRIMAN DARAT

Bea Cukai Segera Sosialisasikan Penerapan NLE di Tiga Kota

29 September 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Dokumentasi via viva.co

Unsur penting menentukan daya kompetisi perekonomian suatu negara ialah sistem logistiknya.

**NLE merupakan hubungan ekosistem logistik menyelaraskan arus lalu lintas barang juga dokumen international sejak kedatangan sarana pengangkut sampai barang tiba di gudang. **

Salah satu unsur penting menentukan daya kompetisi perekonomian suatu negara ialah sistem logistiknya.
Berbagai upaya dilakukan pemerintah demi menata sistem logistik nasional untuk menghilangkan hambatan juga mengurangi biaya arus barang dalam perdagangan internasional dan domestik, termasuk melalui penerapan NLE (National Logistic Ecosystem).

NLE merupakan hubungan ekosistem logistik menyelaraskan arus lalu lintas barang juga dokumen international sejak kedatangan sarana pengangkut sampai barang tiba di gudang. Sebagai salah satu instansi pemerintah bertanggung jawab dalam pelaksanaan penataan ekosistem logistik nasional, sesuai Instruksi Presiden 5 tahun 2020, Bea Cukai berperan penting menyukseskan penerapan NLE demi terciptanya penurunan biaya logistik juga pertumbuhan sektor industri.

Dengan demikian, unit vertikal Bea Cukai di berbagai daerah, seperti Bea Cukai Batam, Bea Cukai Tanjung Emas dan Bea Cukai Bandar Lampung menggelar sosialisasi NLE menyasar pengguna jasa kepabeanan juga instansi terkait.
Di Batam, Bea Cukai turut hadir sebagai pembicara dalam acara Sosialisasi dan Koordinasi NLE diselenggarakan Tim Teknis Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI) pada 21 September 2022 lalu.

Dalam acara tersebut dijelaskan NLE merupakan aplikasi yang dibangun pemerintah sebagai wadah bertemunya pengusaha juga para pemilik Platform bertujuan memutus rantai birokrasi layanan logistik. Dengan adanya NLE, pengguna jasa bisa mengakses informasi layanan publik seluas-luasnya sehingga memudahkan pengguna jasa karena kemudahan akses dan efisiensi proses bisnis.

"Implementasi NLE diharapkan dapat memperbaiki kinerja logistik Nasional untuk menaikkan daya saing barang dan jasa di suatu negara, karena seperti yang kita ketahui logistic cost menjadi faktor penting dalam suatu perekonomian negara. Daya saing barang dan jasa di suatu negara salah satunya dipengaruhi oleh logistic cost, sehingga NLE ini diharapkan dapat membuat proses logistik menjadi lebih cepat, terstruktur dan sistematis," ungkap Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana.

Sosialisasi NLE ini pun rupanya juga digelar di Bandar Lampung dengan mengundang berbagai pengguna jasa kepabeanan di Kawasan Pelabuhan Panjang Bandar Lampung.

"Wujudkan percepatan pelayanan depo container secara online dan terintegrasi, Bea Cukai Lampung adakan sosialisasi implementasi Delivery Order (DO) Online dan Depo Container Connect yang menghadirkan Tim National Logistic Ecosystem (NLE) Kantor Pusat Bea Cukai serta Pejabat dari Lembaga Nasional Single Window (LNSW) sebagai narasumber," ujar Hatta.

Dalam kegiatan tersebut tentu saja juga dipaparkan kewajiban perusahaan Depo Kontainer untuk dapat menghubungkan sistemnya dengan NLE juga menyediakan pelayanan pengiriman pesanan secara elektronik (DO Online) berdasarkan PMK nomor 97/PMK.04/2020.