freightsight
Jumat, 26 April 2024

INFO INDUSTRI

Bea Cukai Berharap NLE Batam Bisa Mendongkrak Perbaikan Kinerja Logistik Nasional

26 September 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pelabuhan Batam via bcbatam.beacukai.go.id

Bea Cukai Tipe B Batam sangat berharap pelaksanaan National Logistic Ecosystem (NLE) di Kota Batam bisa untuk mendongkrak perbaikan kinerja logistik nasional.

NLE di sini merupakan sebuah inovasi yang dilakukan pemerintah khususnya DJBC dalam mendorong percepatan arus logistik.

Ambang Priyonggo selaku Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam sangat berharap pelaksanaan National Logistic Ecosystem (NLE) di Kota Batam bisa untuk mendongkrak perbaikan kinerja logistik nasional dan juga menaikkan daya saing barang serta jasa yang ada di Indonesia.

“Logistic cost menjadi faktor penting dalam suatu perekonomian negara, daya saing barang dan jasa di suatu negara salah satunya dipengaruhi oleh logistic cost, NLE ini diharapkan dapat membuat proses logistik menjadi lebih cepat, terstruktur dan sistematis.” kata Ambang.

NLE di sini merupakan sebuah inovasi yang dilakukan pemerintah khususnya DJBC dalam mendorong percepatan arus logistik. Aplikasi ini juga dibangun oleh pemerintah sebagai salah satu wadah bertemunya pengusaha dan para pemilik platform yang bertujuan memutus rantai birokrasi layanan logistik.

Beliau di sini pun juga berharap NLE dapat menjadi wadah pengguna jasa dalam mengakses informasi layanan publik seluas-luasnya. Sehingga ini tentu saja akan bisa memudahkan pengguna jasa karena kemudahan akses dan juga efisiensi proses bisnis. NLE ini di sini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kinerja logistik nasional, memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian nasional sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 terkait dengan Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

Ari Karistianto selaku Ketua Umum DPP Asdeki di sini juga menyampaikan bahwa harapannya terhadap pelaksanaan NLE “ASDEKI bertekad mendukung program pemerintah yang tujuan utamanya adalah menurunkan biaya logistik, semoga pelaksanaan NLE di Kota Batam dapat terlaksana dan berjalan lancar.” Kata Ari.

Sinergi yang terjalin ini tentu saja sangat diharapkan bisa lebih mempermudah arus logistik untuk ke depannya, mempercepat juga bisa meminimalisir kesalahan terkait dengan pencatatan data yang disampaikan oleh para pengguna jasa.