freightsight
Kamis, 25 April 2024

INFO INDUSTRI

Banten Miliki Potensi Kelautan dan Perikanan yang Menjanjikan

14 Desember 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Nelayan perikanan

boat-fishing-market © ThuyHaBich via Pixabay

• Banten sendiri adalah sebuah wilayah yang sangat strategis, Provinsi ini menjadi pintu keluar masuk perdagangan antara Pulau Jawa dengan Sumatera.

• Adanya infrastruktur yang memadai juga diyakini sebagai salah satu faktor yang membuat para investor yakin untuk melakukan investasi di Banten.

Sebagaimana diketahui bahwa Provinsi Banten merupakan wilayah daratan yang wilayahnya terletak di ujung Pulau Jawa, dan dikeliling oleh laut, yakni Selat Sunda, Laut Jawa, serta Samudera Hindia.

Banten sendiri adalah sebuah wilayah yang sangat strategis, Provinsi ini menjadi pintu keluar masuk perdagangan antara Pulau Jawa dengan Sumatera. Tidak hanya itu, Banten juga menjadi gerbang perdagangan internasional Indonesia, melalui Pelabuhan Laut dan Bandar Udara Internasional.

Komarudin selaku PLT Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Banten, menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya untuk memberikan pelayanan, kenyamanan, serta kemudahan untuk para investor.

“Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan yang cepat berbasis online, serta sistem perizinan yang simple,” kata Komarudin dalam keterangannya, Senin (29/11/2021).

Lebih lanjut, Komarudin juga menambahkan bahwa meskipun saat ini Indonesia masih diterjang pandemi Covid-19, namun iklim investasi di Banten terbilang tumbuh secara positif. Menurutnya, hal ini karena Banten adalah wilayah lintasan distribusi arus barang, jasa, dan penumpang dengan tingkat mobilitas yang terbilang cukup tinggi, yakni hingga 60 persen dari total mobilitas nasional.

“Selain komitmen dalam memberikan pelayanan yang cepat dan nyaman kepada investor. Terbukti, meski pandemi Provinsi Banten tetap menjadi daerah primadona bagi para investor,” kata Komarudin.

Adanya infrastruktur yang memadai juga diyakini sebagai salah satu faktor yang membuat para investor yakin untuk melakukan investasi di Banten. Mulai dari infrastruktur perhubungan, sambungnya, Banten juga memiliki Bandara, Pelabuhan, dan jalan tol.

“Selain itu, letak geografis Banten yang sangat menguntungkan, sehingga Banten dianugerahi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakatnya,” pungkasnya.