freightsight
Kamis, 2 Mei 2024

PENGIRIMAN DARAT

ASDP dan KAI Integrasikan Layanan Angkutan Barang Multimoda demi Mendukung Efisiensi Logistik

11 September 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

ritase.com

ASDP berkolaborasi dengan KAI berkolborasi dalam mengintegrasikan layanan angkutan barang multimoda.
ASDP saat ini terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama dalam menyediakan akses pengiriman dan integrasi logistik.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah berkolaborasi dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berkolaborasi dalam mengintegrasikan layanan angkutan barang multimoda.

Hal tersebut pun tentu saja telah tertuang dalam nota kesepahaman antara ASDP dan KAI terkait dengan sinergi BUMN melalui kolaborasi angkutan barang multimoda. Nota kesepahaman atau MoU tersebut juga sudah dilakukan penandatanganan melalui acara yang berlangsung di Jakarta Railway Centre, Jakarta Pusat, pekan lalu.

M Yusuf Hadi selaku Direktur Komersial dan Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengatakan bahwa manajemen ASDP saat ini terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama dalam menyediakan akses pengiriman dan integrasi logistik.

Salah satunya adalah dengan membentuk sinergi bersama dengan BUMN lain dalam kluster logistik. Yusuf di sini pun juga mengakui bahwa sebelumnya sudah dilakukan penjajakan teknis yang ada di lapangan antara pihak ASDP dan KAI.

"Kami melihat peluang jika stasiun milik KAI yang berada dekat dengan pelabuhan bekerja sama dengan ASDP sebagai operator pelabuhan, maka akan semakin memperlancar arus penyeberangan logistik untuk masyarakat,” ujar Yusuf.

Adapun area potensial untuk dieksplorasi lebih jauh yaitu seperti integrasi multimoda yang ada di lintasan penyeberangan Paciran (Lamongan) menuju Pulau Bawean dengan Stasiun Babat, dan lintasan penyeberangan Gresik menuju Pulau Bawean dengan Statuin Pasar Turi.

Hadis Surya Palapa selaku Direktur Niaga KAI di sini pun juga menambahkan kolaborasi KAI dan ASDP ini sebagai upaya bersama dalam mewujudkan terintegrasinya kemampuan kedua BUMN yang sebelumnya memang masih terpisah-pisah.

Beliau pun di sini masih berharap langkah dalam membangun kolaborasi antar-BUMN ini serta membangun sinergi transportasi bidang logistik akan bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dan memberikan value yang sangat baik bagi BUMN.

"Sehingga kami bisa bersama-sama memberikan sumbangan untuk membangun efisiensi distribusi logistik di negeri ini," harap Hadis.

Berpedoman pada misi menciptakan dan mengoptimalkan nilai perusahaan dengan menghubungkan masyarakat dan pasar, ASDP di sini pun sebagai operator pelabuhan berskala nasional akan terus mengupayakan peningkatan fasilitas pelabuhan melalui budaya pelayanan yang profesional dan berkualitas.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman dan sinergi bersama KAI ini, ASDP di sini pun juga berkomitmen demi bisa mewujudkan pelayanan prima untuk perjalanan yang aman, nyaman juga berkesan.

Bukan hanya itu, mendukung pengembangan ekonomi daerah dan negara melalui layanan logistik antarwilayah.

“Perlu digarisbawahi bahwa nota kesepahaman ini tidak menutup kemungkinan potensi kolaborasi dengan mitra BUMN lainnya. Kami akan mengkaji lebih lagi untuk rencana peningkatan fasilitas dalam memenuhi standar minimum pelayanan,” tegas Yusuf menambahkan.