freightsight
Sabtu, 20 April 2024

PENGIRIMAN DARAT

Akhir Tahun 2022 PUPR Targetkan Tol Semarang-Demak Seksi 2 Beroperasi

27 Oktober 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Tol via antaranews.com

PUPR menargetkan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 akan segera beroperasi pada akhir 2022.

Jalan Tol Semarang-Demak ini adalah jalan tol di atas laut yang terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 akan segera beroperasi pada akhir 2022 demi bisa mendukung libur Natal dan Tahun Baru 2023. Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan bahwa hingga saat ini untuk Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 Km sudah mencapai progres hingga 97,82 persen.

"Harapan kita pada akhir tahun ini Seksi 2 bisa dioperasikan untuk mendukung pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru 2023, ataupun dapat dilakukan fungsional jika belum keluar SK operasional dan dinikmati oleh masyarakat bersama-sama," ujar Danang dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Jalan tol ini juga menjadi kunci penting dalam mengurai kemacetan yang sering sekali dialami oleh para pengendara yang melintas di jalan nasional Pantura hingga menuju ke Demak, sehingga penyelesaian Jalan Tol Semarang-Demak memang perlu segera diselesaikan.

"Selain itu, jalan tol ini memberikan akses yang mudah menuju Kota Demak dan tentunya dapat meningkatkan interaksi ekonomi, meningkatkan pariwisata, hingga mendukung kelancaran arus logistik dari barat ke timur, dari Jawa Timur ke Jawa Tengah hingga ke DKI Jakarta," kata Danang.

Jalan Tol Semarang-Demak ini adalah jalan tol di atas laut yang terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang. Bukan hanya itu, juga berfungsi untuk penahan banjir rob, serta mengatasi banjir dan genangan air yang selama ini memang menjadi permasalahan ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

Jalan Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,7 km dan terbagi menjadi dua seksi yaitu Seksi 1 (Semarang-Sayung) sepanjang 10,69 km yang memang merupakan porsi pemerintah dan saat ini sedang dalam tahap pembebasan lahan untuk dilanjutkan konstruksinya.

Sementara, Seksi 2 (Sayung-Demak) yang sepanjang 16,31 Km merupakan porsi badan usaha jalan tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak ditargetkan pada akhir tahun ini akan selesai konstruksinya secara keseluruhan serta dapat dioperasikan.