freightsight
Jumat, 3 Mei 2024

INFO INDUSTRI

Tahun Ini Sektor Industri Bisnis Logistik Diprediksi Terus Bergerak Positif

11 Januari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via pexels

Tahun 2022 ada salah satu sektor bisnis yang bisa dibilang cukup menjanjikan yaitu bisnis logistik.

Saat pandemi 2020, bisnis logistik turun 10 sampai 15%, tetapi pada 2021 tumbuh sekitar 5%.

Tahun 2022 kemarin ada salah satu sektor bisnis yang bisa dibilang cukup menjanjikan yaitu bisnis logistik, karena pertumbuhan ekonomi membaik walaupun masih banyaknya bayangan resesi ekonomi global pada tahun kemarin. Pelaku usaha di industri ini meyakini bahwa tahun 2023 ini punya peluang dan tantangan, sehingga harus dihadapi dengan banyak strategi dalam hal demi menjaga rantai pasok logistik.

Chief Executive Officer Krakatau International Port, Akbar Djohan, menyampaikan bahwa KIP dengan berbagai proyek dan prestasi tahun 2022 menjadi salah satu patokan demi bisa melangkah di 2023 ini, evaluasi dan meningkatkan segala aspek yang perlu diperbaiki, khususnya digitalisasi dan SDM.

PT Krakatau Bandar Samudera (PT KBS) atau sering dikenal Krakatau International Port (KIP) adalah pelabuhan curah internasional terbesar yang ada di Indonesia

"Sederet prestasi yang kami dapat ditahun 2022 dan proyek yang baru kami resmikan di awal tahun 2023 ini menjadi semangat bagi seluruh tim KIP untuk meningkatkan kualitas kerja demi memberikan layanan integrasi kepada konsumen dengan pelayanan terbaik," ujar Akbar pada Senin (9/1/2023).

KIP sendiri juga telah mencatatkan sejumlah capaian sepanjang tahun 2022, antaranya the Most Innovative CEO Award dari Bisnis Indonesia dengan kategori "The Most Innovative CEO in Creating an International Industrial Non-Container Hub Port in Indonesia“ hingga The most Green Public Port in Indonesia KIP is ranked 2nd (3 stars) of 10 ports (private & public port) in Indonesia or ranked 1st of public port in Indonesia, dari Kemenko Marves.

Akbar di sini pun juga menambahkan bahwa KIP yang mendapatkan nilai rating 81,12 persen dalam asesmen Kemenko Marves kriteria Green Port dalam aspek manajemen, digitalisasi dan teknis (kepelabuhanan, K3, lingkungan dan energi). Rating ini tentunya juga menunjukkan KIP bukan hanya mendukung Pemerintah saja, tetapi melakukan inovasi dan akselerasi dalam berbagai aspek.

"Hal ini menjadi langkah terdepan bagi KIP, sehingga bisa menjadi contoh bagi berbagai pelabuhan, yang dimana sistem integrasi dan ramah lingkungan yang digunakan dalam menunjang ekosistem logistik yang sangat efektif dan efisien," ungkap Akbar.

Sebelumnya juga tentu telah dikatakan bisnis kepelabuhanan dan logistik di tahun 2023 dinilai akan tetap tangguh dan moncer karena banyak sekali faktor yang mendukungnya. Hal tersebut juga dikemukakan oleh Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik Joko Noerhudha dalam menanggapi pertanyaan terkait kondisi bisnis logistik tahun 2023 yang ada di tengah ancaman krisis ekonomi global.

"Bisnis pelabuhan dan yang berhubungan dengan logistik cukup resilient (tangguh)," ujarnya, Selasa (27/12/2022), seperti dikutip dari Kompas Tv.

Joko mengatakan bahwa di saat pandemi tahun 2020, bisnis logistik hanya turun sekitar 10 sampai 15 persen, tetapi pada tahun 2021 sudah tumbuh sekitar lima persen. Untuk itu pada tahun 2023, tanpa menyebutkan angkanya, Joko di sini pun juga sangat optimistis bisnis logistik akan bertahan.

Apalagi, demografi Indonesia memang sangat mendukung. Sementara konsumsi, pembangunan, serta produksi juga membaik. Di samping itu, ancaman kekurangan peti kemas tidak menjadi kendala.

"Karena pasokan (peti kemas) banyak lagi," ujarnya. Dari sisi kondisi ekonomi makro, lanjutnya, juga mendukung bisnis kepelabuhan dan logistik.