freightsight
Rabu, 28 September 2022

INFO INDUSTRI

Ragam Tips Pilih Jasa Logistik Untuk Para Pelaku Bisnis Online

2 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Mendata barang logistik

Young man working with package © Jcomp via Freepi...

Diketahui saat ini ada lebih dari 70 juta orang Asia tenggara memilih untuk melakukan kegiatan belanja online, dalam masa pandemi Covid-19 ini. Hal ini, sebagaimana laporan yang dibuat oleh Facebook dan Bain & company. Salah satu yang memiliki pertumbuhan konsumen paling tinggi dalam proses belanja digital adalah Indonesia.

Dari data yang ada, diperkirakan populasi konsumen online di Indonesia mengalami kenaikan sebanyak 15% pada tahun 2021 ini, yang mana sebelumnya hanya sebanyak 144 juga orang, kini jadi 165 juta orang di taun 2021 ini. Melihat data ini, tentu saja kini bisnis online jadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Dalam menjalankan bisnis online, salah satu hal yang sangat penting, dan harus diperhatikan adalah, masalah pemilihan jasa logistik. Untuk Anda yang baru memulai bisnis online, dan kebingungan tentang bagaimana cara memilih jasa logistik terbaik, maka silahkan langsung simak berbagai tips di bawah ini.

• Sop Pengiriman Harus Jelas dan Terpercaya
Sop atau standart operasional prosedur, adalah hal yang sangat penting dan berpengaruh pada ketepatan waktu pengiriman. Sip yang jelas biasanya akan secara jelas disiapkan oleh pihak logistik. Dengan tahapan runut mulai dari firs mile (penjemputan barang) hingga last mile (barang sampai ke tangan konsumen dengan on time).
Untuk melihat apakah sebuah jasa logistik terpercaya atau tidak, Anda bisa melihatnya dari sop yang mereka jalankan. Selain itu, basanya jumlah konsumen mereka pasti sudah banyak.

• Melakukan Kerjasama Dengan Marketplace
Dengan memilih jasa logistik yang bekerjasama dengan marketplace, maka ini juga akan menguntungkan pelaku usaha, apalagi jika mereka memiliki toko online di marketplace.

• Cepat Tanggap Dalam Pengiriman dan Aduan
Respon yang diberikan oleh pihak jasa logistik seharusnya selalu cepat, hal ini agar mereka secara maksimal mampu mendukung kebutuhan dan kepentingan konsumen. Karena itu, pastikan jasa logistik yang dipilih sudah memiliki layanan pelanggan, entah call center, maupun live chat.

• Memiliki Berbagai Pilihan Pengiriman
Para pelaku usaha online, sangat butuh untuk menjaga kestabilan keuangan mereka. karena itu, mereka harus memiliki banyak pilihan pengiriman paket, dengan harga yang kompetitif.