freightsight
Jumat, 19 April 2024

INFO INDUSTRI

PDRB Riau Menjadi Sektor Ekspor Paling Tumbuh Terbesar di Luar Pulau Jawa

10 Mei 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Ekspor Riau

Pelabuhan Riau via promediateknologi.com

  • Provinsi Riau adalah provinsi dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terbesar ke-5 di Indonesia.

  • Ekonomi Riau yang kian bertumbuh positif, Syamsuar selaku Gubernur Riau (Gubri) juga mengucapkan rasa syukur yang sangat mendalam.

Pada triwulan I-2022, Provinsi Riau adalah provinsi dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terbesar ke-5 di Indonesia atau juga bisa dibilang terbesar pertama di luar Pulau Jawa.

Sesuai data dari yang didapatkan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau pada Senin (9/5/2022) telah disebutkan bahwa kontribusi PDRB Provinsi Riau pada total PDRB seluruh provinsi di Indonesia sebesar 5,39 persen.

Provinsi Riau rupanya tercatat sebagai provinsi dengan kontribusi terbesar pertama terhadap perekonomian Pulau Sumatera yaitu 24,56 persen.

Menyusul Sumatera Utara sebesar 22,92 persen, Sumatera Selatan 13,05 persen serta yang paling rendah adalah Bengkulu sebesar 2,10 persen.

Perekonomian di seluruh provinsi Pulau Sumatera tumbuh positif dan secara agregat, pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera triwulan I-2022 tumbuh sebesar menjadi 4,03 persen.

Provinsi Sumsel juga tumbuh menjadi yang tertinggi sebesar 5,15 persen, disusul oleh Provinsi Riau sebesar 4,72 persen dan yang terendah Provinsi Kepri yang hanya sebesar 2,83 persen saja.

Sumber pertumbuhan ekonomi terbesar Provinsi Riau berdasarkan dari komponen adalah ekspor luar negeri yang sebesar 3,86 persen dan Pembentukan Modal Tetap Bruto nilainya sebesar 3,31 persen dari pertumbuhan ekonomi total 4,72 persen.

Sementara itu, sumber pertumbuhan ekonomi terbesar Provinsi Riau berdasarkan dari lapangan usaha yaitu perdagangan sebesar 1,63 persen serta industri pengolahan sebesar 1,29 persen dari pertumbuhan ekonomi total 4,72 persen.

Drs Misfaruddin MSi selaku BPS Provinsi Riau pimpinan juga mencatat bahwa Nilai Tukar Petani (NTP) di Provinsi Riau pada bulan April 2022 adalah sebesar 159,22 atau menaik hingga 0,07 persen jika dibanding Maret 2022 sebesar 159,11.

Komoditas penyumbang kenaikan ini adalah tanaman perkebunan rakyat, perikanan, peternakan, tanaman pangan dan juga hortikultura.

Terkait dengan ekonomi Riau yang kian bertumbuh positif, Syamsuar selaku Gubernur Riau (Gubri) juga mengucapkan rasa syukur yang sangat mendalam.

Dengan terus melandainya kasus pandemi Covid-19 dan juga mulai dibukanya jalur-jalur masuk internasional ke Provinsi Riau, kini Gubri optimis pertumbuhan ekonomi Riau akan terus sangat membaik.

Gubri di sela-sela pertemuan gubernur se-Indonesia di Bali juga mengucapkan syukur Alhamdulillah karena investasi terus tumbuh, pariwisata mulai menggeliat, dan ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Riau ke depan.

Gubri juga mengajak semua komponen masyarakat Riau untuk mulai bersama-sama menjaga kondusifitas daerah, supaya roda pembangunan terus berjalan dengan baik.