freightsight
Jumat, 1 Maret 2024

TEKNOLOGI

Saling Dukung di PBB, Menkominfo dan Dubes AS Bahas Kerjasama Teknologi

1 April 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Menkominfo

Dokumentasi via kominfo.go.id

Pertemuan tersebut secara khusus membahas dukungan masing-masing negara di International Telecommunication Union (ITU) yang merupakan sebuah badan khusus di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk teknologi informasi dan komunikasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G Plate menggelar pertemuan bilateral dengan Duta Besar Amerika Serikat (AS) Sungguh Yong Kim. Keduanya membahas kerja sama antara Indonesia dan AS dalam sektor teknologi, informasi, dan komunikasi.

Pertemuan tersebut secara khusus membahas dukungan masing-masing negara di International Telecommunication Union (ITU) yang merupakan sebuah badan khusus di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk teknologi informasi dan komunikasi.

"Kami berdiskusi mengenai kerja sama Indonesia dengan Amerika. Secara khusus menyoroti sektor teknologi, informasi, dan komunikasi atau sektor digital, " kata Johnny setelah melepas pertemuan di Gedung Kominfo, Jakarta, pada Senin (28/3/2022).

"Pembahasan tersebut di antaranya mendiskusikan bagaimana kinerja yang saling mendukung dalam bidang ITU antara Indonesia dan Amerika, " kata Menteri Kominfo.

Johnny mengatakan, dalam waktu dekat akan diadakan pergantian Sekretaris Jenderal (Sekjen) ITU. Amerika telah mengajukan seorang calon bernama Doreen Bogdan-Martin.

Ia mengatakan, Indonesia akan memberi dukungan terhadap pencalonan Doreen sebagai calon Sekjen baru ITU.

"Kandidat dari Amerika sudah terbukti hebat dan bagus, kami sudah mendiskusikan ini dan kebetulan sudah mengenal dengan baik. Indonesia akan mendukung kandidat yang dicalonkan AS, kalau boleh disebut namanya yaitu ibu Doreen Godaan Martin, " tutur Johnny.

Dalam kesempatan yang sama, Johnny juga turut menyampaikan bahwa AS akan mendukung calon-calon Indonesia di ITU, termasuk di ITU Council Asia Pasifik.

"Selama ini kami sudah mendapat tempat di council tersebut. Saya mengusulkan agar Amerika bisa memberikan dukungannya kepada Indonesia dalam Radio Regulation Board untuk ITU, " ucapnya.

Di sisi lain, Sung Yong Kim memberikan apresiasi atas dukungan Indonesia terhadap calon dari AS dalam pemilihan Sekjen ITU yang akan datang. Ia mengatakan, Doreen adalah sosok yang berintegritas dan memiliki jam terbang tinggi di ITU.

Doreen menjabat sebagai Direktur Biro Pengembangan Telekomunikasi ITU.

"Dia adalah sosok yang sangat inklusif dan selalu mendengarkan pendapat dan keprihatinan seluruh komunitas internasional, termasuk dari negara-negara berkembang, " ujarnya.

"Saya tahu dia berharap bisa bekerja sama dengan Indonesia, dengan Menteri dan seluruh tim terkait tentang bagaimana kami membuat ITU lebih baik dan kuat, " tambah Sung.

Bagikan artikel ini: