freightsight
Sabtu, 20 Juli 2024

TEKNOLOGI

Manfaatkan Instalasi Planogram, Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Ekraf Promosi di Forum GPDRR

26 Mei 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Perdagangan Indonesia

Dokumentasi via antaranews.com

Selain bisa beli secara online melalui instalasi planogram, delegasi juga bisa membeli produk secara langsung serta melihat cara pembuatan produk ekraf tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan pihaknya bersama Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi 14 pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk mempromosikan pelbagai produk ekraf dalam forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR 2022).

Ragam produk ekraf dipromosikan melalui showcase instalasi planogram di Art Building Bali Collection, Bali yang digelar pada 23-28 Mei 2022.

“Terdapat 14 pelaku ekonomi kreatif yang telah dikurasi dari 500 pelaku ekonomi kreatif yang siap memamerkan produk-produk ekonomi kreatif di instalasi planogram yang berjarak kurang lebih 500 meter dari tempat utama penyelenggaraan GPDRR 2022,” papar Menparekraf dalam keterangan resmi di Jakarta pada Rabu (25/5/2022).

Instalasi program merupakan pameran berformat instalasi portabel yang menampilkan poster berbagai produk ekraf dilengkapi dengan kode batang (barcode) untuk mengarahkan pengunjung ke toko penjualanya secara online.

Pada instalasi planogram, ada dua panel vertikal dan satu meja display yang dapat diputar menggunakan sensor touchless (tanpa sentuhan).

Di setiap meja display, terdapat mini screen yang akan memutar video looping atau penjelasan tentang produk kreatif karya anak bangsa serta cara pembeliannya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan ada tiga subsektor ekraf yang ditampilkan dalam instalasi planogram, seperti fashion, kriya, dan kuliner.

Nantinya, delegasi GPDRR 2022 bisa menyaksikan langsung workshop pembuatan dari beberapa produk ekraf.

“Selain bisa beli secara online melalui instalasi planogram, delegasi juga bisa membeli produk secara langsung serta melihat cara pembuatan produk ekraf tersebut,” ujarnya.

Di lain pihak, Presiden Joko Widodo atau Jokowi turut menghadiri Upacara Pembukaan The 7th GPDRR 2022 pada Rabu (25/5/2022) hari ini.

Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo pergi ke Bali menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Rabu pagi ini. GPDRR memainkan peranan penting dalam memobilisasi dan mendorong kolaborasi antar pemerintah dan pemangku kebijakan untuk mempercepat peaksanaan pengurangan risiko bencana global.