freightsight
Jumat, 3 Mei 2024

DOMESTIK

Kerja Sama dengan Inkoppas, PPU Jadi Pusat Logistik Kaltim

6 Februari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via unsplash

Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) segera menjadi pusat logistik untuk wilayah Kaltim.

Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) segera menjadi pusat logistik untuk wilayah Kaltim. Hal itu setelah ditandatanganinya kerja sama kedua pihak antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU dengan Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) tentang optimalisasi dan revitalisasi pasar di PPU, Kamis (2/2/2023) usai penandatanganan tersebut ditindaklanjuti Inkoppas terkait kebutuhan pangan di daerah ini.

Bupati PPU, Hamdam mengatakan bahwa kerja sama ini memberi peluang bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk memenuhi kebutuhan bagi ribuan tenaga kerja di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, PPU.

Di samping itu, ujar dia, harga-harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) tetap stabil karena akan terus dipasok dari Inkoppas. "Dengan kerja sama ini sekaligus bisa menekan kelangkaan dan kemahalan harga sembako. Bahkan menjamin pada harga sembako yang wajar. Penajam akan menjadi pusat pendistribusian logistik pasar di Kaltim bahkan seluruh Indonesia karena PPU berada di tengah-tengah Indonesia,” kata Bupati PPU Hamdam di sela-sela meninjau Pasar Induk Penajam itu pada Jumat (3/2/2022).

Ketua Umum Inkoppas, Yudianto Tri dalam kesempatan mendampingi Bupati Hamdam itu mengatakan, kali pertama yang dikerjakannya adalah melakukan revitalisasi pasar di Bumi Benuo Taka ini. Dia berharap skema tersebut dapat menjamin ketersediaan kebutuhan sembako bisa lebih maksimal. Ia juga melihat potensi IKN Nusantara yang memberi peluang bagi terwujudnya sirkulasi pemasaran produk pasar yang bakal direvitalisasi itu.

“Kerja sama kami dengan Pemkab PPU juga berkaitan dengan supply chance (kesempatan pasokan) dan segala hal yang diperlukan. Yang penting adalah optimalisasi terhadap supply chance tersebut,” kata Yudianto.

Penandatanganan kesepakatan itu dianggap kedua pihak cukup istimewa karena dihadiri Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Badan Otorita IKN Thomas Umbu beserta jajaran.

Di samping itu, hadir Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab PPU Sodikin, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setkab PPU Nicko Herlambang, dan pejabat lingkungan setkab PPU.

“Ini kali pertama kami melakukan penandatanganan kerja sama disaksikan pihak IKN. Bukan hanya dihadiri, tetapi saya berharap juga disertai dengan doa dan dukungan untuk mempermudah PPU membangun jalur-jalur logistik yang akan sangat membantu perekonomian masyarakat PPU," harap Hamdam.