freightsight
Minggu, 4 Desember 2022

INFO INDUSTRI

Jasa Logistik Akan Jadi Modal Utama Dorong UMKM Go Digital

16 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Jasa logistik

• Diyakini bahwa jasa logistik di Indonesia bisa menjadi pedal untuk membuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) go digital di tengah masa pandemi seperti saat ini.

• Demi mendukung kelancaran kegiatan jual beli produk-produk lokal, maka sangat diperlukan arus logistik yang lancar pula.

Diyakini bahwa jasa logistik di Indonesia bisa menjadi pedal untuk membuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) go digital di tengah masa pandemi seperti saat ini. Hal ini karena kebangkitan dari UMKM saat ini kebanyakan tertolong karena adanya e-commerce.

Dengan memanfaatkan keberadaan e-commerce maka banyak UMKM yang bisa bangkit dari tekanan besar yang diberikan oleh pandemi. Karena, sebagaimana diketahui ada sebanyak 82 persen pelaku UMKM di Indonesia yang merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Jadi, apabila sektor UMKM berhasil diselamatkan maka besar kemungkinan rencana pemulihan ekonomi nasional akan bisa berjalan lancar.

Hal tersebut dikarenakan kontribusi yang diberikan UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 61,07 persen, yang mana 97 persen diantaranya adalah dari tenaga kerja, dan dapat menghimpun 60,4 persen dari total investasi.

Demi mendukung kelancaran kegiatan jual beli produk-produk lokal, maka sangat diperlukan arus logistik yang lancar pula. Apalagi saat ini peluang digital ekonomi Indonesia juga masih terbuka sangat lebar, pasalnya Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak, bahkan terbanyak ke 4 di dunia, dan penetrasi internet yang telah menjangkau sebanyak 196,7 juta orang.

Berdasarkan data pada Shopee Indonesia, ada sebanyak 5 juta penjual yang telah terdaftar di platform mereka. Sedangkan di Tokopedia ada lebih dari 10 juta juta penjual yang berasal dari sektor UMKM.

“Dukungan dan kerja sama serta kolaborasi dalam membangun UMKM dan industri anak bangsa berbasis teknologi tepat guna memasuki era Industri 4.0 perlu terus ditingkatkan. Dengan keterlibatan para ahli dan profesional bisnis, kami yakin, kita semua memiliki semangat yang sama dalam membantu dan mengembangkan UMKM pada masa pandemi dan era digital ini,” kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam laman resmi Kemenko Perekonomian, Selasa, 4 Januari 2022.