freightsight
Jumat, 19 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Indramayu Ditargetkan Menjadi Sentra Perikanan karena Miliki Fasilitas Cold Storage

22 Agustus 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Perikanan

Ilustrasi Cold Storage via wartaekonomi.co.id

Menteri KKP terus melakukan penguatan infrastruktur dengan pembangunan cold storage yang ada di wilayah-wilayah yang berpotensi menjadi sentra perikanan di tanah air.

Pembangunan cold storage di Indramayu akan memperkuat manajemen rantai pasok hasil perikanan yang mendorong peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat nelayan melalui stabilitas harga, menjamin pasokan stok ikan berkualitas kepada masyarakat.

Sakti Wahyu Trenggono selaku Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) terus melakukan penguatan infrastruktur seperti dengan pembangunan gudang pendingin (cold storage) yang ada di wilayah-wilayah yang berpotensi menjadi sentra perikanan di tanah air.

Salah satunya di Indramayu, Jawa Barat yang saat ini telah memiliki cold storage dengan total kapasitas sekitar 450 ton. Melalui penguatan infrastruktur perikanan tersebut, Indramayu kini ditargetkan menjadi salah satu sentra perikanan di masa depan.

"Di sini (Indramayu) harus menjadi salah satu sentra perikanan. Sentra perikanan itu syaratnya adalah infrastruktur sentra perikanan harus dibereskan. Karena di sini sudah dekat dengan pasar maka tentu saya kira salah satunya adalah cold storage yang dibangun ini. Sebelumnya 150 ton (sudah dibangun), sekarang 300 ton. Harapan saya tahun depan akan dibangun lagi," Ujar Trenggono.

Pembangunan cold storage yang ada di Indramayu tersebut tentu saja memang akan memperkuat manajemen rantai pasok hasil dari perikanan yang dapat mendorong peningkatan produktivitas juga kesejahteraan masyarakat nelayan lewat stabilitas harga dan menjamin pasokan stok ikan yang berkualitas untuk masyarakat.

Keberadaan cold storage ini lanjut beliau juga akan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah yang merupakan bagian dari upaya penguatan sekaligus efisiensi logistik ikan nasional.

Bukan hanya itu, dengan adanya lapangan kerja dan pembinaan SDM dalam menggunakan teknologi cold storage yang menjadi kebutuhan mutlak untuk penyimpanan dan distribusi ikan penumbuhan ekonomi UKM berbasis koperasi.

“Harapan saya ini dijaga dengan baik dan kalau perlu bisa lebih baik lagi. Kecil enggak papa asalkan putarannya tinggi lebih bagus. Yang penting lagi adalah tidak hanya digunakan untuk menyimpan saja, tetapi harus di-maintenance agar tidak rusak," tegasnya