freightsight
Sabtu, 30 September 2023

PENGIRIMAN LAUT

Harapan Puncak Musim yang Pupus Akibat Tarif Angkutan Menurun

29 Mei 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via envato.com

• Di setiap minggu prospek puncak musim tradisional kian menjauh.
• Tanpa adanya peningkatan puncak musim, harga spot peti kemas timur-barat kembali mengalami tekanani.

Prospek puncak musim tradisional kian menjauh di setiap minggu yang berlalu dan operator kapal laut belum dapat melihat peningkatan signifikan dalam pesanan ekspor dari Tiongkok.

Maersk mengatakan bahwa minggu ini permintaan memang "stabil" tetapi justru "tidak melihat lonjakan yang drastis.”

Kontak operator lain mengatakan kepada The Loadstar minggu ini "pembicaraan terkait pertumbuhan masih terlalu dini".

"Kami sekarang telah beralih ke harapan puncak musim yang terlambat," katanya.

"Pada akhirnya, persediaan tersebut perlu diganti untuk musim libur karena tidak ada yang menginginkan produk tahun lalu," katanya.

Tanpa adanya peningkatan pada puncak musim, harga spot peti kemas timur-barat pada minggu ini kembali mengalami tekanan. Misalnya perusahaan ekspedisi yang berbasis di Shenzhen, China yang menawarkan harga $1.000 per 40 kaki dari Ningbo atau Qingdao ke Rotterdam berlaku hingga 10 Juni.

Selain itu, sebuah maskapai besar mengatur ulang tarif FAK 'khusus' untuk kontak pengirim Loadstar menjadi $ 850 per 40 kaki dari Yantian, Nansha dan Xiamen ke berbagai pelabuhan di Eropa Utara mulai tanggal 1 Juni dan berlaku untuk pengiriman hingga 14 Juni.

Jika dibandingkan dengan pembacaan komponen XSI Asia, Eropa Utara Xeneta minggu ini menurun tipis dengan rata-rata $ 1.370 per 40 kaki.

Di samping itu, MSC meningkatkan tekanan pada mitra 2M-nya, Maersk dengan mengumumkan mulai berlayar dari Asia pada 9 Juni dan MSC akan mengembalikan layanan Swan yang dihentikan ke Antwerpen dan Baltik sebagai "layanan MSC yang mandiri".

Kemudian, jalur perdagangan Asia-Mediterania terlihat lebih positif bagi operator dengan Maersk yang melaporkan "permintaannya sehat".

"Kami mengharapkan jaringan yang penuh sementara kami secara proaktif bekerja pada kapasitas tambahan untuk memenuhi permintaan pelanggan," kata Maersk.

Maersk menambahkan permintaan pasar untuk Mediterania "diperkirakan terus tumbuh sepanjang kuartal kedua" dan merekomendasikan pelanggan dengan menggunakan platform SPOT untuk pemesanan.

Di trans pasifik, pasar masih lesu yang dibebani kenaikan biaya hidup dan suku bunga-fundamental yang negatif menyeret turunnya belanja konsumen di Eropa.

Berdasarkan data Signal, volume impor manifes minggu ini melalui terminal peti kemas Los Angeles menurun 18% dari minggu yang sama tahun lalu 86.971 teus dan minggu depan masih menunjukkan defisit 18%.

Harga spot rata-rata Freightos Baltic Index (FBX) Asia-pantai barat AS merosot 15% minggu ini menjadi $ 1.312 per 40 kaki yang dikesampingkan demi harapan operator yang ingin memperkenalkan GRI yang lain pada rute tersebut.

Di pantai Atlantik, harga spot lebih stabil dengan harga spot rata-rata Asia-pantai timur AS Drewry yang menurun 2% menjadi $2.760 per 40 kaki.

Harga spot di trans-atlantik mengarah ke selatan dengan harga spot rata-rata XSI Eropa Utara ke pantai timur AS menurun 4,5% minggu ini menjadi $ 2.367 per 40 kaki.

Namun, harga 'pasar' di trans-atlantik mencapai $2.000 per 40 kaki dan tampaknya jika tidak ada peningkatan permintaan, indeks akan jatuh di bawah $2.000 pada musim panas.